EmitenNews.com - Fitch Ratings Indonesia telah menugaskan PT. KB Finansia Multi Finance (KBFMF) Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AA+(idn)'. Prospeknya Positif.


Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AA' menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang sangat rendah dibandingkan dengan emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama. Risiko default yang melekat hanya sedikit berbeda dari emiten atau obligasi dengan peringkat tertinggi di negara tersebut.


KBFMF adalah perusahaan pembiayaan Indonesia yang menawarkan pembiayaan kembali kendaraan bekas dan pembiayaan barang putih. Peringkatnya didorong oleh ekspektasi Fitch atas kemungkinan besar dukungan luar biasa dari induknya, KB Kookmin Card Co., Ltd. (KBC), dan induk utamanya, KB Financial Group Inc. (KBFG), jika diperlukan.


KBC adalah perusahaan kartu kredit dan pembiayaan mobil utama yang berbasis di Korea Selatan yang dimiliki sepenuhnya oleh KBFG, sebuah perusahaan induk keuangan dengan anak perusahaan yang beroperasi di beberapa segmen, yang terbesar adalah Kookmin Bank (A/Stabil/a). KBC memiliki 80% saham di KBFMF setelah akuisisi Juli 2020, sedangkan 20% sisanya tetap dipegang oleh pemegang saham lokal PT Finansia Pacifica Raya.


Pandangan kami tentang kecenderungan dukungan orang tua mencerminkan kepemilikan mayoritas KBC atas KBFMF, penekanan strategis KBFG di Indonesia, dan komitmen hukum melalui jaminan perusahaan yang diberikan oleh KBC. Hal ini diimbangi dengan catatan kontribusi positif KBFF yang terbatas untuk KBC dan KBFG karena asosiasinya yang singkat dengan grup KB.


KBFG memainkan peran yang berarti dalam strategi KBFG yang lebih luas untuk berkembang di Indonesia sebagai "pasar rumah kedua", dengan beberapa anak perusahaan keuangan di pasar negara berkembang. Pandangan kami mempertimbangkan branding bersama dan penyediaan reguler dukungan orang tua biasa sejak akuisisi, termasuk investasi dalam obligasi abadi KBFMF pada tahun 2021.


Kami percaya KBC memiliki kemampuan yang cukup untuk memberikan dukungan kepada KBFMF mengingat profil kreditnya, yang mendapat manfaat dari dukungan KBFG, dan ukuran KBFG yang relatif kecil yaitu kurang dari 2% dari aset konsolidasi KBC pada 9M21. Outlook Positif mencerminkan pandangan kami tentang potensi peningkatan profil kredit KBC dan KBFG, didorong oleh peningkatan diversifikasi dalam profil pendapatan KBFG.


Penilaian kami terhadap profil mandiri KBFMF tidak mendorong peringkatnya, tetapi menggabungkan waralaba domestiknya yang sederhana, selera pertumbuhan yang ambisius, dan rekor kinerja yang beragam. Perusahaan memiliki biaya kredit yang lebih tinggi, saldo pinjaman yang lebih besar di bawah restrukturisasi aktif dan profitabilitas yang lebih lemah daripada rekan-rekan industri. Leverage-nya, diukur dengan utang/ekuitas berwujud (didefinisikan oleh Fitch sebagai ekuitas, dikurangi aset tidak berwujud dan aset pajak tangguhan), sebesar 5,0x pada 9M21 (2020: 12.0x) lebih tinggi dari rata-rata rekan-rekan yang berperingkat Fitch. Utang/ekuitas 4,5x pada 9M21 juga melebihi utang/ekuitas industri sebesar 2,0x, meskipun dukungan modal KBC melalui obligasi perpetual.


Kami mengharapkan profitabilitas dan leverage KBFMF untuk mendapatkan keuntungan dari hubungannya dengan grup KB dari waktu ke waktu. Pengembalian yang disesuaikan dengan risiko cenderung meningkat pada biaya pendanaan yang lebih rendah, didukung oleh jaminan orang tua, serta efisiensi operasional yang lebih baik, didorong oleh dukungan orang tua pada inisiatif digitalisasinya. Akses pendanaan dan likuiditas KBFMF juga harus ditingkatkan dan diuntungkan dengan menjadi bagian dari grup KB.


Faktor-faktor yang dapat, secara individual atau kolektif, mengarah pada tindakan/peningkatan peringkat yang positif:


Peringkat KBFF sensitif terhadap perubahan penilaian Fitch terhadap profil kredit KBC dan KBFG. Upgrade dapat dipicu oleh penguatan profil kredit KBC dan induk utamanya, KBFG. Hal ini mungkin didorong oleh kinerja yang lebih kuat dari Kookmin Bank dan anak perusahaan keuangan KBFG lainnya.


Peningkatan juga dapat didorong oleh KBFG yang menunjukkan catatan kontribusi positif yang lebih lama kepada grup induknya, yang mengarah pada peran yang lebih berarti dalam tujuan strategis KBFG.


Faktor-faktor yang dapat, secara individual atau kolektif, menyebabkan tindakan/penurunan peringkat negatif:


Setiap pelemahan signifikan dalam profil kredit yang didorong oleh dukungan KBFMF akan menghasilkan tindakan peringkat negatif. Hal ini dapat berasal dari melemahnya kecenderungan induk perusahaan untuk memberikan dukungan tepat waktu kepada KBFMF, mungkin karena anak perusahaan tersebut kurang memiliki kepentingan strategis bagi grup atau kinerja yang lemah dalam memenuhi tujuan induknya.


Peringkat KBFMF juga sensitif terhadap penurunan profil kredit KBC dan KBFG.Peringkat KBFMF didorong oleh ekspektasi Fitch atas kemungkinan besar dukungan luar biasa dari induknya, KBC, dan induk utamanya, KBFG, jika diperlukan. Dengan kepemilikan mayoritas Kookmin Bank di KBFMF maka secara otomatis perseroan merupakan afiliasi dari Emiten perbankan PT KB Bukopin Tbk (BBKP).