EmitenNews.com — PT Global Mediacom Tbk (BMTR) menggelar public expose rencana penerbitan obligasi dan sukuk ijarah. Global Mediacom Tbk (BMTR) melakukan penawaran umum berkelanjutan (PUB) III dengan menerbitkan obligasi dan sukuk mencapai total keseluruhan Rp2,2 triliun.


Emiten holding media grup MNC ini menerbitkan Obligasi Berkelanjutan III Global Mediacom dengan target dana Rp1,3 triliun, dan Sukuk Berkelanjutan III Global Mediacom dengan target Rp900 miliar.


“Terima kasih kepada OJK, para Penjamin Emisi, semua Lembaga Penunjang dan MNC team sehingga acaranya berjalan dengan baik,” ujar Direktur Utama PT Global Mediacom Tbk (BMTR) Hary Tanoesoedibjo dalam akun Instagramnya, Jumat (3/6/2022).


Dari keseluruhan PUB ini, perseroan menawarkan Obligasi Berkelanjutan Tahap I sebesar Rp700 miliar, dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan Tahap I sebanyak Rp500 miliar. Keduanya ditawarkan masing-masing dalam tiga seri.


Berikut adalah perkiraan jadwal penawaran umum obligasi dan sukuk PT Global Mediacom Tbk (BMTR):


Tanggal Efektif OJK: 23 Juni 2022. -Masa Penawaran Awal (Bookbuilding): 3 - 16 Juni 2022. Masa Penawaran Umum: 24 - 28 Juni 2022. Penjatahan: 29 Juni 2022. Pengembalian Uang Pemesanan: 30 Juni 2022. Distribusi Obligasi Secara Elektronik: 1 Juli 2022 dan Pencatatan Obligasi dan Sukuk Ijarah di BEI: 4 Juli 2022.


Para penjamin pelaksana emisi ini adalah PT MNC Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Sucor Sekuritas, dan PT Shinhan Sekuritas Indonesia.


Seluruh dana yang diperoleh dari penawaran umum obligasi akan digunakan oleh emiten untuk tujuan pembayaran refinancing Obligasi Berkelanjutan I Global Mediacom tahap I tahun 2017 Seri A.


Sementara dana dari sukuk ijarah akan digunakan dalam dua hal yakni sebesar Rp213,05 miliar untuk pelunasan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Tahap I tahun 2017 Seri A.


Selebihnya yakni Rp283,05 miliar akan digunakan untuk modal kerja, pembiayaan kebutuhan operasional emiten, pembayaran utang usaha, pembiayaan kegiatan operasional dan hal-hal operasional lainnya.


Obligasi Berkelanjutan III Tahap I tahun 2022. Sukuk Ijarah Berkelanjutan III Tahap I tahun 2022


Selanjutnya, perseroan juga menawarkan Sukuk Ijarah Berkelanjutan III Global Mediacom Tahap I tahun 2022 dengan menerbitkan imbalan ijarah sebanyak-banyaknya Rp500 miliar. Sukuk ijarah ini diterbitkan tanpa warkat yang terbagi dalam tiga seri.


Seri pertama yaitu Sukuk Ijarah Seri A memiliki jangka waktu sukuk ijarah adalah 370 hari kalender sejak tanggal emisi. Seri kedua yaitu Sukuk Ijarah Seri B dengan tenor 3 tahun, dan Sukuk Ijarah Seri C mempunyai jangka waktu 5 tahun sejak tanggal emisi.


Pembayaran pertama cicilan imbalan ijarah ketiga seri tersebut jatuh pada 1 Oktober 2022. Sementara pembayaran terakhir masing-masing seri adalah 11 Juli 2023 untuk Sukuk Ijarah Seri A, 1 April 2024 untuk Seri B dan Seri C.


Seri pertama Obligasi Berkelanjutan Tahap I yaitu Seri A memiliki tingkat bunga tetap mencapai 8 persen - 8,5 persen per tahun. Adapun jangka waktu seri ini adalah 370 hari kalender sejak tanggal emisi.


Seri kedua yakni Seri B memiliki tingkat bunga sebesar 9,5 persen - 10 persen per tahun. Jangka waktu seri ini adalah 3 tahun sejak tanggal emisi.


Seri ketiga yakni Seri C memiliki tingkat bunga 10,5 persen - 11 persen per tahun. Jangka waktu seri ini adalah 5 tahun sejak tanggal emisi.