EmitenNews.com - Tetaplah waspada. Jangan lengah terhadap bahaya pandemi Covid-19. Kementerian Kesehatan RI mengingatkan masyarakat tetap waspada akan penularan Covid-19. Sebab terjadi peningkatan kasus infeksi virus corona, atau coronavirus disease 2019 (Covid-19) di wilayah Jawa-Bali dalam beberapa hari terakhir ini.


"Kita harus waspada karena dalam beberapa hari ini terjadi peningkatan proporsi kasus baru di Jawa-Bali," kata juru bicara vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers, Selasa (12/4/2022).


Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, ada 5 provinsi yang mencatatkan peningkatan pemeriksaan PCR dan positivity rate. Yakni, DKI Jakarta, Kalimantan Utara, Bali, Jawa Tengah, dan Bangka Belitung.


"Artinya akan meningkatkan risiko laju penularan yang semakin tinggi. Terjadi peningkatan infeksi di lima wilayah ini walaupun angka kasus positif tidak setinggi sebelumnya," urai Siti Nadia.


Sementara itu pemerintah kembali memperbarui data terkait pandemi Covid-19 di Indonesia. Hari ini, Selasa (12/4/2022), dilaporkan ada tambahan 1.455 kasus infeksi virus Corona di Tanah Air. Dengan tambahan baru tersebut, jumlah total kasus di Indonesia hingga hari ini menjadi 6.035.358 kasus. Jadi, mari terus menegakkan protokol kesehatan Covid-19.


Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengumumkan data terbaru pandemi Covid-19 itu, sesuai informasi yang dirangkum dalam 24 jam terakhir, mulai Senin (11/4//2022) siang hingga Selasa pukul 12.00 WIB. Masyarakat bisa mengakses data tersebut melalui laman https://covid19.go.id/, atau situs resmi Kementerian Kesehatan, kemkes.go.id, yang setiap sore diperbarui.


Total jumlah penderita sebanyak lebih dari 6 juta orang itu, terhitung sejak Presiden Joko Widodo mengumumkan adanya penderita infeksi virus yang awalnya dikabarkan berasal dari Wuhan, Hubei, China itu, di Indonesia, Senin (2/3/2020). Kasus perdana ini, menimpa pasangan ibu dan anak perempuannya, warga Kota Depok, Jawa Barat.


Satgas Penanganan Covid-19 juga melaporkan, hari ini ada 3.286 orang di Indonesia yang sembuh dari COVID-19. Jumlah total yang telah sembuh dari Corona sebanyak 5.811.666 orang.


Selain itu, Selasa ini pemerintah mendata sebanyak 43 pasien positif Corona di Tanah Air meninggal dunia. Dengan demikian, jumlah total pasien positif COVID-19 yang meninggal sebanyak 155.717 orang.


Pemerintah menekankan pentingnya perilaku 5M –memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas. Berdasarkan penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk virus Corona sebesar 35 persen.


Sementara itu, jika rajin memakai masker kain, bisa mengurangi risiko penularan virus Corona hingga 45 persen. Kalau menggunakan masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75 persen. Jadi, mari terus menegakkan protokol kesehatan secara ketat. Ini penting, untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19, yang telah melanda negeri kita sejak Senin, 2 Maret 2020. ***