EmitenNews.com—Fitch Ratings Indonesia telah menetapkan PT Bank Maspion Indonesia Tbk (BMAS) Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AA(idn)' dan Peringkat Nasional Jangka Pendek 'F1+(idn)'. Outlook Peringkat Nasional Jangka Panjang adalah Stabil.

 

Peringkat Nasional Jangka Panjang AA menunjukkan ekspektasi akan tingkat risiko gagal bayar yang sangat rendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di negara atau kesatuan moneter yang sama. Risiko default yang melekat hanya sedikit berbeda dari emiten atau surat utang negara dengan peringkat tertinggi.

 

Peringkat Nasional Jangka Pendek 'F1' menunjukkan kapasitas paling kuat untuk pembayaran tepat waktu atas komitmen keuangan relatif terhadap emiten atau obligasi lain di negara yang sama. Di bawah skala Peringkat Nasional agensi, peringkat ini diberikan pada risiko gagal bayar terendah relatif terhadap orang lain di negara atau kesatuan moneter yang sama. Jika profil likuiditas sangat kuat, tanda "+" ditambahkan ke peringkat yang diberikan.

 

Peringkat yang Didorong oleh Dukungan : Peringkat Nasional Jangka Panjang Bank Maspion didorong oleh dukungan, dan mencerminkan pandangan kami tentang kemungkinan dukungan luar biasa yang moderat dari induk bank yang berperingkat lebih tinggi, KASIKORNBANK Public Company Limited (Kbank; BBB/Stabil/bbb) , pada saat dibutuhkan. Kbank memiliki 67,5% saham Bank Maspion.

 

Terkait dengan VR Induk: Peringkat anak perusahaan terkait dengan Viability Rating (VR) induknya, karena kami yakin terdapat cukup ketidakpastian apakah dukungan luar biasa akan datang dari pemerintah Thailand (BBB+/Stabil) melalui Kbank ke Bank Maspion, jika diperlukan. Sebaliknya, kami yakin dukungan potensial akan datang dari sumber daya orang tua sendiri.

 

Kemampuan yang Cukup untuk Mendukung: Fitch percaya bahwa Kbank, salah satu bank terbesar di Thailand, memiliki kemampuan yang kuat untuk mendukung anak perusahaannya di Indonesia, mengingat profil kreditnya dan ukuran Bank Maspion yang relatif kecil dibandingkan induknya. Bank Maspion masing-masing hanya menyumbang sekitar 0,8% dan 0,6% dari aset dan ekuitas konsolidasi Kbank, pada akhir 9M22.

 

Kecenderungan Dukungan Sedang: Kami yakin Kbank memiliki kecenderungan sedang untuk mendukung Bank Maspion, mengingat pandangan kami bahwa Indonesia menyediakan jalan tambahan untuk pertumbuhan dan aliran pendapatan baru bagi induk perusahaan. Anak perusahaan Indonesia mendukung rencana strategis Kbank untuk memperluas kehadirannya ke negara-negara ASEAN Plus Tiga (ASEAN, China, Jepang dan Korea Selatan), menargetkan bisnis yang terkait dengan perusahaan Thailand.

 

Franchise Constrains SCP: Profil kredit mandiri (SCP) Bank Maspion tidak mendorong peringkatnya, karena dibatasi oleh pangsa pasar bank yang sangat rendah, profitabilitas yang lebih lemah, dan selera risiko yang tinggi dibandingkan dengan beberapa perusahaan sejenis, meskipun hal ini diimbangi oleh permodalan dan profil pendanaan yang memadai.

 

Faktor-faktor yang dapat, secara individu atau kolektif, menyebabkan tindakan/penurunan peringkat negatif: