EmitenNews.com - Ini cara Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) memperluas jangkauan produk pangan komersial ke setiap lapisan masyarakat. BUMN yang dikomandani Budi Waseso itu, memanfaatkan pasar daring melalui platform iPangananDotCom.


Dalam keterangannya di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/7/2022), Sekretaris Perusahaan Bulog Awaludin Iqbal mengatakan iPangananDotCom merupakan pasar daring hasil kerja sama Bulog dengan StorageSend Indonesia (SSI). Aplikasi itu menghadirkan kemudahan berbelanja produk pangan sekaligus menjaga stabilitas harga pangan melalui dukungan teknologi digital.


"Platform ini merupakan bentuk respons kami terhadap perkembangan pasar, karena pasar sekarang tidak hanya fisik tetapi juga e-commerce," kata Awaludin.


Platform iPangananDotCom telah hadir di 11 kota besar. Di antaranya, Jakarta, Tangerang, Bogor, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Medan, dan Makassar.


Konsep yang ditawarkan adalah hyperlocal dengan menyediakan stok bahan pangan di titik gudang. Dengan begitu tercipta efisiensi waktu proses pengiriman. Konsep ini menjadi nilai tambah dalam menjamin kelancaran berbelanja menjadi praktisi dan cepat.


"Secara nasional omset sebulan Rp700 juta dan Rp8 miliar per tahun. Produk paling laris adalah beras, kemudian daging beku khusus di Jakarta," ujar Awaludin. ***