EmitenNews.com - Ini keyakinan Presiden Joko Widodo; jika pembangunan tol Balikpapan-Nusantara dan bandara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara selesai, investor semakin bergairah menanamkan modalnya di sana. Pembangunan tol Balikpapan-Nusantara segera memasuki fase konstruksi, dan ditargetkan selesai pada Juli 2024.

 

"Dua, tol dan bandara, ini menjadi kunci kalau selesai, saya meyakini, ini belum selesai saja sudah berbondong-bondong, apalagi dua ini selesai lebih berbondong-bondong lagi investor yang akan menanamkan modalnya di IKN," kata Presiden Jokowi saat peletakan batu pertama Hotel Nusantara, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023).

 

Pembangunan tol Balikpapan-Nusantara segera memasuki fase konstruksi. Targetnya, pembangunan tol tersebut selesai pada Juli 2024. 

 

Jika itu terjadi, Tol Balikpapan-Nusantara akan memangkas waktu tempuh menjadi 30 menit dari Balikpapan ke Nusantara, dibanding saat ini yang sekitar 1,5-2 jam.

 

"Menteri PUPR sampaikan ke saya sudah tembus, artinya akan segera masuk ke konstruksinya. Juli 2024 akan selesai jalannya," kata Jokowi.

 

Untuk bandara, pembangunannya segera dimulai. Menurut Jokowi, waktu tempuh bandara dan pusat kota Nusantara hanya 15 menit.

 

"Kira-kira 15 menit dari bandara menuju ke sini, dan kita harapkan Juli, maksimal awal Agustus 2024 itu sudah bisa diselesaikan," kata Presiden Jokowi. ***