EmitenNews.com - Perusahaan jasa penyewaan kendaraan bermotor/alat transportasi darat, jual beli kendaraan bekas, jasa pengurusan transportasi/logistik dan jasa penyediaan juru mudi melalui Entitas Anak, PT. Adi Sarana Armada Tbk. (ASSA) dan anak usahanya yaitu PT JBA Indonesia (JBAI) melakukan sewa menyewa Tanah milik ASSA di Malang.

 

Menurut keterangan tertulis Hindra Tanujaya Corporate Secretary ASSA, Kamis (15/12/2021) menyampaikan bahwa biaya sewa tanah dengan luas 139 meter persegi milik Adi Sarana Armada kepada JBAI senilai Rp5.101.428 per bulan terdiri dari biaya obyek sewa sebesar Rp2.498.114 per bulan dan biaya fasilitas sewa sebesar Rp2.603.314 per bulan, belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penghasilan.

 

Lebih lanjut Hindra memaparkan JBAI adalah anak usaha tidak langsung dari Adi Sarana Armada dengan kepemilikan sebesar 97% melalui kepemilikan pada PT Autopedia Sukses Lestari (Autopedia) sebelumnya bernama PT Adi Sarana Lelang sedangkan Autopedia memiliki kepemilikan saham sebesar 84,4% pada JBAI sehingga merupakan transaksi afiliasi sesuai POJK nomor 42/POJK.04/2020.

 

Selain itu, adanya kesamaan anggota manajemen dikeduanya yaitu Drs. Prodjo Sunarjanto Sekar Pantjawati menjabat sebagai Presiden Direktur Perseroan sekaligus Komisaris Utama di JBAI dan Jany Candra menjabat sebagai Direktur Perseroan sekaligus Komisaris di JBAI.

 

Pertimbangan dilakukan transaksi ini adalah ASSA memiliki lahan kosong berupa tanah yang tidak digunakan, sedangkan JBAI membutuhkan lahan yang cukup luas untuk menyelenggarakan kegiatan usahanya dan ASSA menyewakan lahan tersebut untuk digunakan JBAI dalam melakukan kegiatan usahanya. Selain itu, Biaya Sewa yang dikenakan kepada JBAI adalah sebesar biaya sewa yang ada dipasaran.

 

"Dengan transaksi sewa tersebut, diharapkan JBAI dapat memperluas jaringan usahanya dan memberikan manfaat finansial kepada ASSA apabila JBAI memiliki laba positif,"pungkasnya.