EmitenNews.com - Multistrada Arah Sarana (MASA) bakal mengakuisisi PT Michelin Indonesia (MI). Perseroan akan mengambil alih Michelin dari Compagnie Generale Des Établissements Michelin (CGEM).


Transaksi itu, bagian dari strategi grup menyederhanakan struktur perusahaan kepemilikan grup di indonesia. Tidak ada dampak signifikan dari aksi tersebut. Maklum, transaksi pengambilalihan saham Michelin bersifat afiliasi.


Michelin Indonesia, perusahaan komersial bergerak bidang impor, dan distribusi ban kendaraan roda empat dan dua. Saham Michelin 99,9 persen dikuasai Compagnie Generale, dan 0,1 persen dikempit Nitor S.A. ”Usai transaksi tidak ada perubahan struktur pemegang saham pada perseroan,” tegas Ade Nofita, Corporate Secretary Multistrada Arah Sarana, kepada Bursa Efek Indonesia, Jumat (12/11). 


Menyusul transaksi itu, Michelin tidak wajib melakukan tender offer sebagaimana disyaratkan POJK no.9/POJK.04/2018 tentang pengambilalihan perusahaan terbuka. Itu karena Michelin tidak melakukan akuisisi atas saham-saham perseroan. ”Transaksi perseroan dengan Compagnie Generale merupakan afiliasi, dalam dua hari kerja setelah transaksi akan memenuhi ketentuan keterbukaan informasi soal transaksi afiliasi,” tegas Ade. (*)