EmitenNews.com -  Dalam rangkaian penghargaan TOP DIGITAL Awards Tahun 2021, Majalah  ItWorks/Itworks.id, Kamis (16/12) menggelar Webinar Series bertema “Accelerating Digital Transformation in Business & Government”. diikuti ratusan peserta dari institusi pemerintah maupun dunia bisnis dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

 

Webinar ini  menghadirkan sejumlah pembicara expert (ahli atau pakar) dari berbagai instansi pemerintah maupun korporasi untuk membagikan pengalamannya terkait pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dalam perjalanan transformasi digital di organisasi dan institusi mereka masing-masing. 

 

Saat ini, organisasi baik pemerintahan dan korporasi bisnis, telah menjalankan Transformasi Digital sebagai kunci keberhasilan dalam upaya mereka meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam memberikan layanan publik, kinerja bisnis dan operasional, serta layanan kepada pelanggan atau masyarakat. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia pun jadi pemicu untuk melakukan akselerasi atau mempercepat proses Transformasi Digital.

 

Transformasi Digital secara sederhana dapat diartikan sebagai optimalisasi pemanfaatan Teknologi Informatika (TI) dalam operasional suatu organisasi dengan melibatkan penggunaan teknologi terkini (cloud, big data, machine learning, IoT, dll).

 

Ketua Penyelenggara Webinar, M Lutfi Handayani, MM., MBA yang juga Pemimpin Redaksi Majalah ItWorks/Itworks.id dalam laporannya mengatakan, TOP DIGITAL Awards diselenggarakan setiap tahun oleh majalah ItWorks, dengan didukung oleh para Pakar dan Dewan Juri dari berbagai asosiasi TI, seperti MASTEL (Masyarakat Telematika Indonesia), APKOMINDO (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia), FTII (Federasi Teknologi Informasi Indonesia) ASPILUKI (Asosiasi Piranti Lunak Indonesia), IDTUG (Indonesia Telecommunication User Group), dan LKN (Lembaga Kajian Nawacita).

 

“Dari sejak tahun pertama penyelenggaraan, yakni tahun 2016, TOP DIGITAL Awards didesain sebagai ajang penghargaan yang sarat dengan aspek pembelajaran. Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan, terkait aspek-aspek pembelajaran dalam kegiatan TOP DIGITAL Awards,” ujarnya.

 

Beberapa hal penting dari kegiatan ini, di antaranya :

Pertama, di akhir Wawancara Penjurian, ada Sesi Nilai Tambah, dimana Dewan Juri dapat memberikan pendapat, saran, dan masukan-masukan perbaikan kepada peserta. Kedua, selaku penyelenggara, kami juga memberikan kesempatan kepada setiap peserta, untuk dapat Seat in atau mengikuti Sesi Presentasi / Wawancara Penjurian peserta lain, selama yang diikuti adalah bukan kompetitor bisnisnya.

 

Ketiga, kegiatan Webinar sebagai sesi Sharing. Kita dapat berdiskusi dan belajar bersama, dari para kandidat pemenang penghargaan TOP DIGITAL Awards. Keempat, Majalah ItWorks, dapat menjadi salah satu sumber informasi dan referensi utama, terkait perkembangan solusi bisnis di Indonesia.