EmitenNews.com - Pemerintah mempercepat keterjangkauan sinyal 4G pada 12.548 desa, dan kelurahan di Tanah Air. Presiden Joko Widodo mengungkapkan percepatan realisasi infrastruktur digital dengan keterjangkauan sinyal 4G di 12.548 desa atau kelurahan pada akhir 2022. Ini bagian dari upaya transformasi digital yang dilakukan pemerintah.

 

"Pada akhir tahun 2022, sebanyak 12.548 desa/kelurahan terjangkau sinyal 4G. Percepatan 10 tahun lebih maju dari rencana sebelumnya yang selesai pada tahun 2032," kata Presiden Jokowi dalam sambutan pada Gerakan Literasi Digital di Mabes TNI, seperti disaksikan melalui tayangan video, Selasa (13/6/2023).

 

Menurut Presiden, pandemi Covid-19 membuka kesempatan luas bagi pemerintah untuk melakukan transformasi digital secara besar-besaran.

 

Pembangunan infrastruktur digital dipercepat, seiring dengan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terus tumbuh dan meningkat.

 

Jaringan internet yang sudah tersedia harus diikuti kesiapan dari para pengguna agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan.

 

"Untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif. Sebaliknya, efek negatifnya harus dapat terus ditekan, terus diminimalkan," tutur Presiden Jokowi. ***