EmitenNews.com - PT Mandala Multifinance Tbk (MFIN) mencetak laba bersih tahun 2021 sebesar Rp485 miliar atau tumbuh 178,25% secara tahunan ( year on year /yoy). Pertumbuhan itu disokong pertumbuhan penyaluran pembiayaan.

 

Mandala Finance berhasil mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 5 triliun pada 2021, tumbuh 74,14% dari capaian tahun 2020. Meningkatnya pembiayaan turut mendongkrak total aset mencapai Rp 5,3 triliun pada 2021, meningkat 26,95% dari posisi terakhir di 2020 yaitu Rp 4,2 triliun.

 

Direktur Utama Mandala Finance Harryjanto Lasmana menyampaikan, meningkatnya angka pembiayaan diikuti bertambahnya jumlah nasabah aktif di seluruh Indonesia. Hal itu tidak terlepas dari sejumlah strategi perusahaan yang berkomitmen untuk terus bertumbuh.

 

Sejumlah strategi mencakup operasional, penjualan, dan pemasaran terbukti jitu, termasuk adaptasi perusahaan melalui inovasi digital Mantis. Alhasil, Mandala Finance berhasil mencatatkan laba bersih tahun 2021 mencapai Rp 485 miliar yang meningkat 178,25% (yoy), dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp 174 miliar.

 

"Tahun 2021 merupakan sebuah titik bangkit bagi Mandala untuk terus melangkah maju. Kendati pergerakan perekonomian masih fluktuatif imbas pandemi, Mandala justru mencatatkan pertumbuhan signifikan dengan kenaikan laba bersih sebesar 178,25%," kata Harryjanto.

 

Dia mengatakan, perusahaan mampu mempertahankan fundamental yang kokoh di tengah pandemi Covid-19 dan kondisi perekonomian yang bergejolak dengan cara fokus dalam berinovasi di segala lini. Pencapaian tidak lepas dari pengalaman perusahaan selama hampir 25 tahun agar tetap adaptif terhadap perubahan zaman.

 

"Selain memaksimalkan kinerja operasional kantor cabang, kami juga berfokus pada strategi transformasi digital dengan meluncurkan inovasi digitalisasi pembiayaan melalui Mantis, untuk mengisi titik titik akan kebutuhan pembiayaan masyarakat yang tidak terjangkau kantor cabang kami," tambah Harryjanto.

 

Dia mengatakan, menjadi esensial Mandala Finance untuk berpusat pada pelanggan ( customer centric). Pendekatan itu juga yang dipercaya mampu membuat bisnis berkelanjutan. Sehingga perusahaan memaksimalkan investasi pada dunia digital dengan meluncurkan aplikasi Mantis.

 

Aplikasi yang dikenalkan ke publik pada Juni 2021 itu menawarkan solusi pembiayaan lengkap untuk konsumen. Termasuk di dalamnya pembiayaan multiguna, kendaraan bermotor baru dan bekas, modal usaha, dan lainnya yang mudah diakses, cepat, aman dan nyaman. Selain investasi pada saluran digital dan IT, Mandala Finance juga berfokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang turut berperan penting dalam pencapaian perusahaan tahun 2021.