EmitenNews.com -PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) terus berupaya menambahkan bahan bakar yang lebih bersih dan energi terbarukan ke dalam portofolio produk perseroan.

 

Untuk menunjang strategi bisnisnya, Perseroan melakukan peningkatan modal kepada anak usahanya PT Berkah Buana Energi (BBE) sebesar Rp9,10 miliar. Tambahan modal tersebut untuk menunjang kegiatan usaha perseroan.

 

"Dana yang diperoleh akan digunakan untuk menunjang kegiatan usaha BBE," kata Direktur AKRA, Mery Sofi dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Senin (22/5/2023).

 

Dengan transaksi tersebut, total modal yang ditempatkan dan disetor BBE naik menjadi Rp24,60 miliar, dari sebelumnya sebesar Rp15,50 miliar.

 

Mery menjelaskan, transaksi yang dilakukan pada 16 Mei 2023 ini bukan merupakan transaksi material, dan merupakan transaksi afiliasi. Mery juga menegaskan bahwa transaksi ini tidak memberikan dampak fakta material terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perseroan.

 

Selain peningkatan modal, juga terdapat perubahan susunan anggota direksi BBE, di mana Elijas Pudjianto menjabat sebagai Direktur menggantikan Mery Sofi. Kemudian, posisi Direktur Keuangan dijabat oleh Termurti Tiban, serta Sanjaya mengemban jabatan sebagai Direktur Teknik & Operasi.

 

Sebagai informasi, PT Berkah Buana Energi merupakan perusahaan patungan atau joint venture (JV) antara AKRA dengan PT Bayu Buana Gemilang. BBE sendiri akan melakukan pembangunan, pengelolaan dan pengembangan jaringan distribusi gas melalui pipa dari lokasi sumber gas ke pelanggan. Di mana, awal kegiatan BBE akan difokuskan mengembangkan bisnis di KEK JIIPE, Gresik, Jawa Timur untuk melayani permintaan tenant industri JIIPE.