EmitenNews.com–PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) yang bergerak di industri pengolahan, aktivitas profesional, ilmiah, teknis dan usaha penunjang sektor farmasi pada 25 Agustus 2022 menyatakan telah terjadi pendirian entitas usaha atas nama Kalbe Ecossential International Inc.


Merujuk pada keterangan resmi KLBF pada laman BEI, Senin (5/9/2022) disebutkan bahwa entitas usaha perseroan yaitu Kalbe International Pte, Ltd (KI) sepakat untuk mendirikan entitas usaha baru  join ventura bersama Ecossential Foods Corp (EFC) bernama Kalbe Ecossential International Inc (KEI).


Entitas usaha baru ini berkedudukan di Filipina yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dan distribusi produk dan jasa kesehatan dengan kepemilikan saham sejumlah Php130 juta.


Dari total modal dasar yang disetor KEI, maka oleh anak usaha KLBF atau KI memiliki porsi kepemilikan senilai Php30 juta itu merupakan 60 persen dari seluruh saham KEI. Adapun EFC memiliki sejumlah Php12 juta atau 40 persen.


Pendirian KEI menurut Lukito Kurniawan Gozali selaku Corporate Secretary KLBF bertujuan untuk menunjang kegiatan usaha perseroan.