EmitenNews.com - PT United Tractors (UNTR) meneken transaksi afiliasi Rp4 triliun. Transaksi itu melibatkan perseroan, Pamapersada Nusantara (PAMA), dan Bina Pertiwi Energi (BPE). Berdasar perjanjian, PAMA mengguyur pinjaman untuk BPE.


Berdasar perjanjian awal, dana tersedia sejak 16 Desember 2021 sampai 16 Desember 2022. Lalu, ketentuan itu diubah menjadi 16 Desember 2022 sampai dengan 16 Desember 2023. ”Perubahan perjanjian telah diteken pada 19 Januari 2023,” tutur Sara K. Loebis, Corporate Secretary United Tractors. 


Sebelumnya, pada 16 Desember 2021, United Tractors, dan Pamapersada Nusantara, anak usaha perseroan, telah meneken perjanjian pinjaman. Berdasar perjanjian itu, PAMA memberi pinjaman kepada BPE Rp4 triliun untuk modal kerja bagi perseroan.


Hubungan afiliasi antara United Tractors dengan PAMA ditunjukkan dari kepemilikan saham pada PAMA. Lalu, ditambah kesamaan manajemen antara United Tractors dan PAMA pada saat dilakukan transaksi. Bunga pinjaman itu JIBOR + 3,2 persen per tahun dan periode ketersediaan dana 1 tahun sejak tanggal perjanjian. 


Secara bisnis bagi, United Tractors akan  lebih  menguntungkan apabila mendapat pinjaman dari PAMA dibanding dari pihak lain. Sebelumnya United Tractors juga telah memfasilitasi pinjaman antar-entitas usaha. Transaksi melibatkan Bina Pertiwi (BP), dan Bina Pertiwi Energi (BPE). BP meminjami BPE senilai Rp24,5 miliar. Transaksi dilakukan pada Jumat, 19 November 2021. (*)