EmitenNews.com - Anak usaha PT United Tractors Tbk (UNTR), yaitu PT Danusa Tambang Nusantara atau DTN, akan membeli sebanyak 89,9987 persen dari total saham PT Stargate Pacific Resources, tambang nikel milik PT Anugerah Surya Pacific Resources. DTN juga akan membeli 0,0009 persen porsi saham PT Stargate Mineral Asia, perusahaan pengolahan (smelter) nikel milik PT Anugerah Surya Investama. Nilai total kedua transaksi ini mencapai Rp4,279 triliun.


Dalam keterangan resmi emiten penjual alat berat dan tambang grup Astra ini pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (6/12/2022) bahwa rencana itu tertuang dalam perjanjian jual beli bersyarat antara DTN dan kedua penjual pada tanggal 3 Desember 2022.


“Tujuan transaksi untuk melakukan diversifikasi kegiatan usaha ke pertambangan dan pengolahan nikel,” tulis manajemen UNTR.


Ditegaskan, nilai total kedua transaksi ini mencapai USD271,83 juta atau setara dengan Rp4,279 triliun, sehingga bukan transaksi material dan afiliasi.


Namun, nilai transaksi dapat berubah jika ada penyesuaian dengan total utang dan debt like items, penyesuaian modal kerja serta penyesuaian nilai tukar mata uang.


PT Danusa Tambang Nusantara PT United Tractors Tbk UNTR PT Stargate Mineral Asia PT Stargate Pacific Resources tambang nikel nikel smelter. ***