EmitenNews.com - Indika Energy (INDY) mendirikan perusahaan berlabel Electra Auto Indonesia (EAI). Itu dilakukan melalui entitas usaha yaitu PT Solusi Mobilitas Indonesia (SMI), dan PT Electra Distribusi Indonesia (EDI).


Pendirian EAI tersebut telah mendapat pengesahan sebagai badan hukum oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. EAI merupakan perusahaan dealership untuk pengembangan, dan ekspansi usaha sektor kendaraan listrik, khususnya roda dua di Indonesia. 


Pendirian EAI untuk melakukan usaha perdagangan eceran sepeda motor baru. Mencakup usaha penjualan eceran sepeda motor baru, termasuk motor sepeda atau moped. Melakukan usaha perdagangan eceran sepeda motor bekas, termasuk motor sepeda atau moped. Melakukan usaha perdagangan eceran suku cadang sepeda motor, dan aksesoris mencakup usaha penjualan eceran suku cadang sepeda motor dan aksesorisnya. 


Melakukan usaha reparasi, dan perawatan sepeda motor. Mencakup usaha pemeliharaan, dan reparasi sepeda motor. Termasuk pencucian sepeda motor, dan usaha perawatan lain. Pemegang saham EAI yaitu EDI 99,9 persen, dan SMI dengan porsi 0,1 persen.


Penyertaan saham dalam EAI melalui anak usaha, merupakan langkah perseroan untuk melakukan ekspansi usaha ke sektor kendaraan listrik di Indonesia. ”Transaksi ini, tidak berdampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, dan kelangsungan usaha perseroan sebagai perusahaan publik,” tutur Adi Pramono, Corporate Secretary Indika Energy. (*)