EmitenNews.com - Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Oktober 2023 turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Bank Indonesia mencatat, ULN Oktober 2023 sebesar USD392,2 miliar dengan struktur tetap sehat.

 

Data lengkap mengenai ULN Indonesia terkini dan metadata dapat dilihat pada publikasi Statistik Utang Luar Negeri Indonesia (SULNI) edisi Desember 2023 pada situs web Bank Indonesia. Publikasi ini juga dapat diakses melalui situs web Kementerian Keuangan. 

 

Siaran pers BI Jumat (15/12/2023) menyebutkan, posisi ULN Indonesia pada Oktober 2023 tercatat sebesar USD392,2 miliar. Itu berarti turun dibandingkan dengan posisi ULN pada September 2023 yang mencapai USD394,4 miliar.

 

BI juga menyebutkan, struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya

 

Pada Oktober 2023, ULN Indonesia tetap terkendali sebagaimana tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang turun menjadi 28,7%, dari 28,9% pada bulan sebelumnya. Juga didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 86,8% dari total ULN.

 

Untuk menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam pemantauan perkembangan ULN, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

 

Dengan begitu peran ULN juga akan terus dioptimalkan dalam menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan. Itu dijalankan dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian. ***