EmitenNews.com - Emiten pengembang properti pergudangan, PT Vastland Indonesia Tbk (VAST), menargetkan pertumbuhan pendapatan double digit sekitar 30% pada tahun 2024. 

Target ini disampaikan oleh perseroan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan yang diselenggarakan hari ini di Jakarta. 

Ekspansi yang baru-baru ini dilakukan oleh VAST di wilayah Tangerang diharapkan dapat menunjang kinerja dan pendapatan perusahaan pergudangan tersebut.

"Kami merasa target pertumbuhan pendapatan 30% untuk tahun ini cukup realistis, melihat perkembangan dari aset yang baru kami akuisisi. Namun, profitabilitas akan terdampak sementara sebab ada biaya awal untuk perbaikan dan perizinan atas aset yang baru ini." kata Direktur Keuangan VAST, Stanley V. Gunawan.

Sebagai informasi, menurut proyeksi dari Supply Chain Indonesia berdasarkan data BPS triwulan III-2023, sektor transportasi dan pergudangan diperkirakan akan berkontribusi sebesar Rp1.245 triliun terhadap PDB, tumbuh 14,99% pada tahun 2023. Untuk tahun 2024, kontribusi tersebut diproyeksikan mencapai Rp1.436 triliun atau tumbuh 14,16%.

Sepanjang Kuartal I-2024, VAST berhasil mempertahankan tingkat okupansi di atas 90% untuk gudang built-to-suit dan general warehouse perseroan, serta meningkatnya luas area bersih yang dapat disewakan. 

Selama Kuartal I-2024, VAST berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan signifikan sebesar 38%, mencapai Rp9,0 miliar, dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp6,5 miliar.

VAST memiliki beberapa keunggulan dalam menyediakan gudang untuk para pelanggannya, antara lain lokasi pergudangan yang strategis dan mudah diakses. Selain itu, VAST mampu menyediakan gudang sesuai spesifikasi yang diinginkan pelanggan dengan pengerjaan yang relatif singkat namun berkualitas. Untuk mendukung ESG, VAST bahkan mampu menyediakan gudang yang dilengkapi energi terbarukan menggunakan panel surya.

Sejauh ini, VAST berhasil menjaga hubungan dan reputasi baik dengan berbagai pelanggan nasional dan multinasional dari berbagai sektor industri seperti FMCG, distribusi FMCG, ritel, komoditas, mid-mile logistic, e-commerce, dan lainnya. Beberapa tenant VAST antara lain: Indomarco, Indomaret, Coca Cola, Ajinomoto, Aqua, Ninja Express, Lion Parcel, dan lainnya.