EmitenNews.com - Perusahaan teknologi PT WIR Asia Tbk (WIR Group) atau (WIRG) mendapat penghargaan The Mediterranean Tourism Great Sea Awards pada ajang Mediterranean Tourism Awards 2022, yang merupakan bagian dari rangkaian acara Mediterranean Tourism Forum 2022.

 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Presiden Malta George Vella kepada Daniel Surya, Komisaris Utama & Co-Founder WIR Group dalam acara Gala Dinner yang digelar di Malta pada Senin (13/6) waktu setempat.

 

Dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (16/6), penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas kontribusi WIR Group dalam bentuk pembangunan kesadaran para pemangku kepentingan yang berada di wilayah Mediterania akan potensi penggunaan dunia virtual dan semua elemennya, baik itu pemanfaatan augmented reality (AR), virtual reality (VR) maupun artificial Intelligence (AI) untuk memajukan sektor pariwisata.

 

"Di tengah pesatnya laju perkembangan teknologi digital global, kami merasa terhormat mendapatkan penghargaan dari Mediterranean Tourism Forum. Hal ini merupakan bukti kerja keras serta komitmen seluruh tim di WIR Group yang terus melakukan upaya pengembangan dan inovasi," kata Daniel Surya.

 

"Kami berharap platform metaverse yang kami kembangkan ini dapat memenuhi kebutuhan berbagai sektor industri, dan dengan demikian manfaatnya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat bahkan pada skala global," lanjut dia.

 

Menurut Daniel, sebagai negara yang mengandalkan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pemasukan negara, tentunya Malta sangat membutuhkan metaverse untuk membantu pariwisata mereka menghadirkan tampilan yang berbeda dari yang lain. Dengan dukungan WIR Group, Malta akan memberikan pengalaman metaverse O2O (online to offline) yang komprehensif.

 

Inisiatif gamifikasi MINAR yang dibangun oleh anak perusahaan WIR Group, PT Mata Nilai Republik, pada 2019 menjadi salah satu aplikasi teknologi AR dalam mendorong sektor pariwisata Malta menjadi catatan penting kontribusi WIR Group.

 

Tak hanya berpotensi membantu meningkatkan potensi pariwisata, inisiatif tersebut juga dapat memperkuat sumber daya manusia dalam menghadapi perubahan teknologi serta memastikan standar dan kualitas tertinggi produk pariwisata di negara kepulauan Malta.

 

Sebagai informasi, Mediterranean Tourism Foundation setiap tahunnya menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) dan memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh atas pekerjaan dan kontribusi mereka dalam mempromosikan pertumbuhan pariwisata yang berkelanjutan di seluruh kawasan Mediterania.