EmitenNews.com -  Komitmen PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dalam membangun dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan konsisten dihadirkan melalui berbagai program dan inisiatif. Di penghujung tahun 2021, upaya tersebut membuahkan hasil dengan diraihnya sertifikasi Greenship Platinum dari Green Building Council Indonesia (GBCI) untuk Wisma BCA Foresta. Penghargaan ini mengantarkan Wisma BCA Foresta menjadi gedung BCA pertama yang meraih sertifikat GREENSHIP EB PLATINUM 2021. Pencapaian tersebut sejalan dengan komitmen BCA dalam penerapan ESG (Environment, Social, Governance).


Wisma BCA Foresta merupakan gedung yang beroperasi sejak Oktober 2020 dengan peruntukan sebagai kantor pusat BCA. Lokasi gedung ini berada di Jl. BSD Raya Utama Kav. Commercial Foresta Business Loft Lot L1 Tangerang, Banten. Total luas bangunan adalah 45.250 m2 (GLA) dengan 16.922 m2 (NLA occupied).


Dalam rilisnya yang diterima Sabtu (22/1/2022), Direktur BCA, Frengky Chandra Kusuma mengatakan, penganugerahan bagi Wisma BCA Foresta itu, kebanggaan bagi keluarga besar BCA. Perseroan berkomitmen menerapkan green office dengan melakukan penghematan energi di tempat kerja. Wisma BCA Foresta menerapkan sejumlah teknologi komprehensif yang mendukung operasional ramah lingkungan serta memberikan harmonisasi lingkungan bekerja. “Ini salah satu bentuk komitmen BCA dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan, #BCAForSustainability.”


Wisma BCA Foresta dinobatkan sebagai gedung bersertifikasi Green Building pertama di BCA dengan menerapkan berbagai teknologi berbasis ramah lingkungan. Di antaranya, teknologi solar panel serta teknologi sistem pendingin. Sejumlah teknologi turut melengkapi dan menunjang berbagai keunggulan Wisma BCA Foresta antara lain: Penggunaan chiller bersistem kontrol otomatis untuk menjaga performa di sekitar 0,5 kW/TR +5%, Penggunaan BAS (Building Automation System) untuk monitoring dan control equipment gedung, Teknologi kaca double glass (low E) yang menurunkan beban panas dari paparan sinar matahari. (Eko Hilman). ***