EmitenNews.com - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil menangani lonjakan trafik layanan data selama periode liburan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Dari hasil pemantauan antara 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, rata-rata trafik layanan meningkat sebesar 15% dibandingkan dengan hari normal dan 19% dibandingkan dengan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya. Puncak kenaikan terjadi pada malam tahun baru, mencapai 90% dibandingkan kondisi hari normal.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, menyampaikan bahwa XL Axiata telah berhasil mempersiapkan jaringan untuk melayani lonjakan trafik data selama libur panjang Nataru. Hal ini sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk menjaga kualitas layanan selama libur panjang akhir tahun 2023, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru.


Gede Darmayusa menegaskan bahwa layanan streaming mendominasi lonjakan trafik layanan, dengan kenaikan sebesar 10%. Sementara itu, trafik layanan percakapan (voice) hanya meningkat 1%, dan SMS mengalami kenaikan sebesar 8% dibandingkan hari biasa.

Selama periode liburan, XL Axiata berhasil menjaga kualitas jaringan dengan melakukan berbagai langkah antisipatif, seperti peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), persiapan genset di area rawan bencana, dan kesiapan untuk melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu


Data XL Axiata juga mencatat tingginya aktivitas digital pelanggan selama liburan Nataru. Trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya meningkat sekitar 15%, dengan kenaikan tertinggi terjadi di Kabupaten Cirebon (30%), Kota Surabaya (22%), dan Kabupaten Bogor (18%).

Dari segi provinsi, Jawa Tengah mencatat kenaikan trafik tertinggi sebesar 21%, diikuti Sumatera Utara (16%), Jawa Barat (14%), dan Jawa Timur (11%). Area tujuan wisata juga turut mengalami peningkatan trafik data yang signifikan, seperti di Malioboro, Yogyakarta (198%), Pantai Pangandaran, Jawa Barat (143%), dan Pantai Sawarna, Banten (128%).


Jumlah pelanggan XL Axiata yang melakukan perjalanan ke luar negeri selama liburan Nataru mencapai sekitar 310 ribu pelanggan, mengalami kenaikan sekitar 5% dari tahun sebelumnya, dengan destinasi utama ke Singapura, Malaysia, dan Kamboja.

Dari total trafik layanan data selama periode Natal dan Tahun Baru, layanan streaming mendominasi dengan peningkatan 10%. Trafik game juga mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 68%. Adapun aktivitas media sosial pelanggan menunjukkan peningkatan, seperti trafik Facebook (10-15%), Instagram (23%), YouTube (8%), dan Tiktok (4%). Layanan penyampai pesan juga meningkat, dengan WhatsApp mencatat kenaikan sebesar 30%.


Untuk trafik streaming musik, layanan Spotify dan Joox tetap stabil dibandingkan hari normal. Namun, pada layanan gim, Roblox mencatat kenaikan sebesar 106%, diikuti Mobile Legends dengan kenaikan 73%. Trafik layanan streaming film juga mengalami kenaikan, seperti Netflix (35%), WeTV (39%), Amazon Prime Video (29%), dan Disney+ (13%). Layanan peta juga mengalami peningkatan, dengan Waze GPS meningkat 40%, Google Maps 23%, dan trafik Apple Maps tetap normal.

Layanan XL Home juga mencatat kenaikan trafik sebesar 12-15%, seiring dengan banyaknya masyarakat yang merayakan liburan natal dan tahun baru di rumah.


Saat ini, XL Axiata memiliki lebih dari 57 juta pelanggan, didukung oleh lebih dari 158 ribu BTS, mayoritas BTS 4G, dan jaringan tulang punggung fiber optik sepanjang lebih dari 159 ribu km. Perusahaan terus berinvestasi dalam infrastruktur jaringan untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas, dan kualitas layanan data seiring dengan meningkatnya trafik layanan data.