EmitenNews.com—Bursa Efek Indonesia (BEI) jadi Bursa dengan Jumlah IPO Saham Terbanyak dan Fundraised Tertinggi di ASEAN. BEI sendiri menargetkan untuk tahun 2022 ada 55 perusahaan yang bakal IPO. Sampai dengan 2 Agustus 2022, terdapat 30 perusahaan yang mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia. 

 

Bahkan hingga saat ini, terdapat 32 perusahaan dalam pipeline atau yang mengantri untuk melakukan Pencatatan saham di BEI. Di samping itu, terdapat 55 perusahaan yang telah mencatatkan 73 emisi Efek Bersifat Utang dan Sukuk (EBUS) dan masih ada 19 perusahaan yang berada dalam pipeline Pencatatan EBUS.

 

Bursa Efek Indonesia (BEI) optimistis Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan bertumbuh pada tahun ini dibandingkan posisi pada akhir tahun lalu meski ada perlambatan seiring dengan gejolak ekonomi global.

 

“Berdasarkan catatan kami, sampai dengan tanggal 1 Agustus 2022 terdapat 45 Perusahaan Tercatat yang berada pada pipeline right issue. Total dana yang diperkirakan akan diperoleh melalui right issue sebesar Rp36,9 triliun,” kata I Gede Nyoman Yetna Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Selasa (2/8/2022).

 

Dari 45 Perusahaan Tercatat yang berada pada pipeline right issue, tersebar pada berbagai sektor sebagai berikut:

 

6 perusahaan dari sektor basic materials

5 perusahaan dari sektor consumer cyclicals

2 perusahaan dari sektor consumer non-cyclicals

 3 perusahaan dari sektor energy

17 perusahaan dari sektor financials

1 perusahaan dari sektor healthcare

2 perusahaan dari sektor industrials