EmitenNews.com — Demi menjadikan organisasi yang adaptif terhadap perkembangan teknologi, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berkolaborasi dengan PT WIR ASIA Tbk (WIRG) atau WIR Group. Kehadiran Kadin di dunia metaverse akan menjadikan organisasi ini semakin kompetitif dan adaptif dengan kemajuan teknologi serta mampu mendorong terwujudnya dunia usaha Indonesia yang kuat dan berdaya saing tinggi.


Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan oleh Ketua Umum Kadin Indonesia, M. Arsjad Rasjid P.M dan Komisaris Utama dan Co-Founder WIR Group, Daniel Surya. Arsjad mengatakan, kerjasama pengembangan metaverse dengan WIR Group merupakan upaya melakukan transformasi digital yang dilakukan oleh Kadin untuk menyelaraskan diri dengan perkembangan teknologi di era digital global tanpa batas.


"Teknologi digital metaverse yang dikembangkan WIR Group memungkinkan Kadin sebagai motor penggerak perekonomian nasional yang dinamis melakukan berbagai inovasi dan kreativitas melalui pemanfaatan teknologi tinggi. Sebagai wadah dan wahana pembinaan, komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi dan advokasi pengusaha Indonesia, kami akan selalu berupaya melakukan berbagai terobosan penting demi kepentingan industri dan perekonomian nasional," ujar Arsjad dalam keterangannya, Selasa (10/5).


Menurut Arsjad, teknologi metaverse dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai upaya promosi produk-produk Indonesia baik melalui pameran maupun ekspose secara virtual yang pada akhirnya dapat meningkatkan transaksi perdagangan yang berskala internasional.


"Salah satu terobosan yang dapat kami lakukan antara lain menghadirkan produk-produk hasil pengusaha dalam display virtual melalui metaverse yang dapat dikunjungi calon pembeli. Kegiatan buyer meet seller melalui platform metaverse bakal menjadi suatu terobosan penting bagi promosi dan pemasaran yang lebih mudah dan ekonomis," papar Arsjad.


Selain itu, para anggota Kadin di daerah juga dapat memanfaatkan platform metaverse untuk mempromosikan produk-produknya. Dengan mengadopsi teknologi metaverse, pengusaha-pengusaha daerah akan semakin adaptif dan kreatif terhadap perubahan dalam tren perdagangan melalui pemanfaatan teknologi digital.


Lebih lanjut, Arsjad menegaskan kolaborasi dengan WIR Group ini dapat mendukung upaya pemerintah meningkatkan perekonomian nasional melalui pengembangan ekonomi digital di beragam sektor industri dan bisnis.


"Kami berharap, hadirnya Kadin di metaverse dapat mewujudkan iklim usaha di Indonesia yang sehat dan dinamis, mendorong pemerataan kesempatan berusaha yang seluas-luasnya bagi dunia usaha, serta meningkatkan peran dalam pembangunan nasional dan daerah di bidang ekonomi," tutur Arsjad.

Arsjad mengapresiasi WIR Gorup yang telah mendukung Kadin Indonesia khususnya dan sektor-sektor lain pada umumnya dalam mengadopsi teknologi tinggi guna meningkatkan daya saing global. "Rekam jejak WIR Group yang telah menyelesaikan ribuan proyek di berbagai negara merupakan bukti reputasi dan kredibilitas WIR Group sebagai pelopor teknologi metaverse," tegas Arsjad.


Sementara Komisaris Utama dan Co-Founder WIR Group Daniel Surya, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Kadin kepada WIR Group untuk mengembangkan platform metaverse. WIR Group memandang Kadin sebagai lembaga visioner yang mampu melihat jauh ke depan, di saat penggunaan teknologi digital yang canggih mutlak dibutuhkan agar mampu terus berada dalam jalur kompetisi global di era tanpa batas ini.


"Harapan kami pengembangan metaverse ini dapat dimanfaatkan untuk mendorong organisasi maupun lembaga lain mengikuti jejak yang dilakukan oleh Kadin sehingga dapat meningkatkan ekosistem metaverse yang kuat dan beragam. Selain itu, metaverse dapat menjadi akselerator transformasi digital dan pengembang," ulasnya.