EmitenNews.com - PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) melalui anak usahanya yaitu PT Adaro Baterai Indonesia (ABI) melakukan penambahan modal pada PT Adaro Indo Aluminium (AIA) pada tanggal 28 November 2022.

 

Heri Gunawan Direktur dan Corporate Secretary ADMR Rabu (30/11) menyampaikan bahwa ABI meningkatkan modal kepada AIA sebesar Rp1,51 triliun atau setara dengan USD96.780.043 dan selanjutnya, AIA melakukan penambahan modal kepada PT Kalimantan Aluminium Industry (KAI) sebesar Rp1,57 triliun setara dengan AS$100.779.490

 

Lebih lanjut Heri memaparkan alasan peningkatan modal ini sehubungan dengan kelanjutan restrukturisasi unit-unit bisnis untuk pengelompokkan anak usaha ADMR sesuai klasifikasi jenis industri dan tujuan bisnisnya masing-masing, serta untuk mendukung kebutuhan pendanaan bagi pengembangan bisnis anak usahanya.

 

Sebagai informasi, ABI adalah anak usaha ADMR dengan kepemilikan saham sebesar 99% sedangkan AIA seluruh sahamnya dimiliki secara langsung (sebanyak 1 saham) dan tidak langsung (99,99% melalui ABI) oleh ADMR sementara itu KAI seluruh sahamnya dimiliki secara tidak langsung oleh ADMR sehingga transaksi merupakan transaksi afiliasi yang dikecualikan sesuai POJK No. 42/POJK.04/2020.

 

"Transaksi ini akan berdampak positif terhadap struktur perusahaan, mendukung perkembangan kegiatan operasional anak usaha ADMR,"tuturnya.

 

Heri menambahkan peningkatan modal ini tidak berdampak material yang merugikan terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha ADMR.