EmitenNews.com - Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelajar, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), atau BCA mengajak sekitar 70 siswa/siswi SMA Taruna Bangsa mempelajari langsung dunia perbankan melalui kegiatan “Student Banking Tour” di BCA Learning Institute, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Selain mendapatkan informasi seputar dunia perbankan, para siswa juga mendapatkan kesempatan menjelajahi museum “Galeri BCA” serta mengikuti edukasi tentang literasi keuangan.


Membawa semangat #GenerasiPastiBisa, kegiatan ini merupakan rangkaian program BCA Berbagi Ilmu yang telah dilaksanakan sejak awal Mei 2023. BCA Berbagi Ilmu merupakan bentuk nyata dari komitmen Bakti BCA dalam mendukung Indonesia mengejar Sustainable Development Goals (SDGs) serta pemerataan pendidikan dan literasi keuangan generasi muda, khususnya dalam menghadapi masa puncak Bonus Demografi pada 2030 mendatang.


"Dengan senang hati kami menyambut kehadiran para siswa SMA Taruna Bangsa di BCA Learning Institute untuk mengikuti program Student Banking Tour ini. Saya juga berterima kasih atas antusias dari seluruh siswa yang berpartisipasi. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan wawasan berharga kepada generasi muda, khususnya mengenai literasi keuangan. Kami berkomitmen terus memberikan pemahaman yang lebih baik tentang keuangan dan perbankan serta mendukung pengembangan potensi para siswa untuk menjadi #GenerasiPastiBisa,” ungkap Lusy Kumala Dewi, Kepala KCU BCA Bogor, Kamis (15/6/2023).


Selain melihat langsung dan belajar mengenai kegiatan perbankan, peserta juga memperoleh pengetahuan baru mengenai literasi keuangan seperti pengelolaan tabungan, investasi, dan strategi pengembangan pola pikir yang cerdas dalam mengatur keuangan pribadi. Tidak hanya itu, para siswa juga diajak mengikuti banking tour untuk menjelajahi museum “Galeri BCA”, minibank, dan fasilitas modern lainnya dari BCA Learning Institute.


Sosialisasi Program Beasiswa 

Peserta juga mendapatkan sosialisasi mengenai program beasiswa Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI). Program beasiswa ini salah satu program andalan BCA dalam mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia, terutama dalam bidang perbankan, melalui kolaborasi dengan perguruan tinggi ternama. Program beasiswa PPBP dan PPTI berlangsung selama 2,5 tahun, dan bertempat di BCA Learning Institute.


Sebagai informasi, kegiatan “Student Banking Tour” sebelumnya telah dilaksanakan juga di beberapa titik kantor cabang BCA di penjuru Indonesia.


Selain “Student Banking Tour”, program BCA Berbagi Ilmu telah melakukan serangkaian kuliah umum di 5 Universitas ternama di Indonesia, yakni di Universitas Indonesia (UI), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (UNAIR) dan Universitas Hasanuddin (UNHAS).


Dimulai bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2023, rangkaian kuliah umum ini menghadirkan anggota Direksi BCA sebagai pemateri yang memberikan berbagai topik, mulai dari literasi keuangan, kepemimpinan, hingga digitalisasi. Ke depan, program BCA Berbagi Ilmu juga akan menggelar kegiatan bertajuk “I'm Capable” yang bertujuan mendorong pendidikan inklusif dan ramah disabilitas.


EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengatakan, BCA Berbagi Ilmu secara khusus kami hadirkan untuk mendukung perkembangan pendidikan yang inklusif demi menciptakan SDM Indonesia unggul.


"BCA meyakini bahwa investasi terbaik bagi generasi muda adalah melalui pendidikan dan pengembangan kapasitas diri. Oleh karena itu, BCA bertekad untuk terus memberikan dukungan agar kelak mereka menjadi #GenerasiPastiBisa,” kata Hera F. Haryn. (Eko Hilman). ***