EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengakhiri kunjungan kenegaraan di Amerika Serikat. Setelah lima hari di AS, dengan beragam kegiatan, Presiden bertolak menuju Tanah Air pada Sabtu (14/5/2022). Minggu sore, Presiden singgah di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) untuk berbelasungkawa atas meninggalnya Presiden UEA Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan. Presiden dan rombongan direncanakan tiba di Indonesia, Senin (16/5/2022).


"Setelah lima hari kunjungannya di AS, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana bertolak menuju Tanah Air pada Sabtu, 14 Mei 2022." Demikian keterangan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.


Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Sabtu pukul 17.38 waktu setempat. Tampak melepas Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di tangga pesawat yaitu Duta Besar RI Rosan Roeslani beserta istri.


Presiden Jokowi dan rombongannya tidak langsung pulang ke Indonesia. Mereka dijadwalkan singgah di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Minggu (15/5/2022) sore. Presiden Jokowi akan menyampaikan duka cita kepada pemerintah, masyarakat, dan keluarga atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan pada Jumat (13/5/2022).


Setelah kunjungan lima hari, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi beserta rombongan diperkirakan akan tiba di Tanah Air pada Senin pagi.


Seperti diketahui Jokowi menghadiri Konferensi TIngkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-US. Dalam acara yang dihadiri para pemimpin negara-negara ASEAN, dan Presiden AS Joe Biden itu, Presiden Jokowi menekankan misi perdamaian, stabilitas, dan kerja sama di Indo-Pasifik.


Di luar agenda kenegaraan, Jokowi juga mengunjungi pabrik produksi roket Space X. Setelah melakukan pertemuan dengan pendiri perusahaan tersebut Elon Musk, Jokowi kemudian berkeliling melihat fasilitas produksi roket. Dalam siaran pers, Sekretariat Presiden, Minggu, Jokowi mengatakan kunjungannya ke SpaceX, tindak lanjut perintahnya kepada Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.


Menurut Jokowi, kedatangannya bertemu Elon Musk, untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang. Ia mengatakan, berbicara dengan Elon Musk mengenai investasi, teknologi dan inovasi. Menindaklanjuti pertemuan lebih mendalam, Elon akan mengunjungi Indonesia, November mendatang.


Dalam pertemuan yang dilaporkan berlangsung akrab itu, Elon Musk mengatakan sangat tertarik dengan masa depan Indonesia yang dinilainya memiliki potensi besar. Kepada tamunya, Elon Musk menyebutkan, Tesla dan SpaceX akan menjajaki beberapa kerja sama lain dengan Indonesia.


"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama dalam banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," urai Elon Musk. ***