EmitenNews.com - Bank Tabungan Negara (BBTN) menggelar Expo bertajuk "Kupang Doldolu". Ajang tersebut hasil kerja bareng dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Acara itu berlangsung sepanjang 22-27 Juli 2023.


Kegiatan itu, merupakan ajang Bank BTN dalam membangkitkan ekonomi masyarakat berkolabarsi dengan para pengembang properti, UMKM dikemas dalam rangkaian festival seni, dan budaya khas Kota Kupang. Potensi Kupang menjadi alasan utama BTN menggelar Event Kupang Doldolu bersama Pemkot Kupang karena secara ekonimi mengalami pertumbuhan ekonomi makin pesat.


”Akselerasi ekonomi Kota Kupang ditunjang berbagi lapangan usaha. Kami berharap dengan pelaksanaan event tersebut akan mempermudah akses masyarakat terhadap produk, dan aplikasi perbankan BTN. Mulai tabungan, Kredit Pembiayaan Perumahana atau KPR, pembiayaan usaha untuk UMKM hingga aplikasi BTN Mobile,” tutur Laloria N. Pardede, PJ Branch Manager Bank BTN Kantor Cabang Kupang, saat press conference Event Kupang Doldolu di Kupang, NTT, Kamis (20/7).


Pada acara dibuka Penjabat Walikota Kupang George Melkianus Hadjoh tersebut Bank BTN juga akan meneken Nota Kesepahaman dengan Pemkot Kupang dalam peningkatan kerja sama layanan perbankan khususnya KPR BTN, dan Kredit Ringan (Kring) BTN. ”Untuk Properti Expo, kami mengundang 20 pengembang berpartisipasi, dan sekitarnya 25 UMKM ikut terlibat dalam UMKM Expo,” ucap Laloria.


Selama event berlangsung pengunjung dapat membuka rekening online, mengikuti flash sale poin spekta, transaksi non-tunai dengan QRIS, dan kesempatan untuk membeli rumah secara cepat. Itu karena ada layanan persetujuan instant KPR, dan Kredit Ringan BTN. Rangkaian program dan produk itu, menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan bisnis Bank BTN  di antaranya peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK), khususnya tabungan.


Meningkatkan pengguna BTN Mobile, mendorong transaksi non-tunai dengan aplikasi BTN Mobile, dan QRIS. Sebagai informasi, BTN KC Kupang mencatatkan pertumbuhan bisnis positif. Di antaranya kenaikan DPK, dan penyaluran kredit. ”Realisasi  kredit konsumer per Juni 23 naik  di atas  10 persen dibanding Juni edisi 2022. Sedang realisasi kredit UMKM melesat 34 persen dibanding periode Juni tahun lalu, dan DPK khususnya dana murah (tabungan dan giro) naik 6 persen dibanding edisi sama tahun lalu,” ulas Laloria.


Selain menawarkan produk, dan program menarik, BTN juga sangat perhatian dengan tingkat literasi keuangan Kupang. Selama acara berlangsung, BTN bersama Otoritas Jasa keuangan (OJK), dan Bank Indonesia (BI) menggelar program literasi keuangan ke masyarakat umum. ”Kami sangat mengapresiasi seluruh elemen mendukung kesuksesan acara ini. Acara tersebut juga bentuk komitmen BTN meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Laloria. (*)