EmitenNews.com - PT Global Sukses Solusi (RUNS) berencana mengakuisisi 60,11 persen saham PT Solusi Kampus Indonesia (SKI) senilai Rp9,7 miliar. Global sukses akan mengambilalih 1.070 lembar saham SKI. 


Berdasar skenario, Global Sukses akan membeli 450 lembar saham milik para pemegang saham Solusi Kampus Indonesia. Dengan rincian PT Gamatechno Indonesia 232 lembar, Awaludin Zakaria 76 lembar.


Lalu, Nanang Ruswianto 96 lembar, dan H. Adityo Hidayat 46 lembar, dengan harga keseluruhan Rp4,09 miliar. Kemudian, 620 lembar saham baru yang diterbitkan SKI sejumlah Rp5,64 miliar. So, total transaksi senilai Rp9,73 miliar.


Global Sukses, dan SKI memiliki kegiatan usaha sejenis. Bidang jasa informasi, komunikasi, perdagangan piranti lunak, komputer, dan perlengkapan. Namun, dengan pangsa pasar berbeda. Global  Sukses dengan pangsa pasar sektor bisnis, sedang SKI memiliki pangsa pasar sektor pendidikan.


Nah, untuk menciptakan ekosistem digital link and match sektor bisnis dengan pendidikan, Global Sukses dan SKI bersinergi untuk memperluas basis pelanggan. Dapat menambah pendapatan berulang, menciptakan ekosistem digital baru dengan menghubungkan ekosistem bisnis, ekosistem pendidikan, dan memperluas pangsa pasar.


Pengambilalihan, dan setoran modal itu bukan transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam POJK No. 42/2020. Pasalnya, transaksi tersebut dilakukan dengan pihak ketiga. Tidak ada ikatan apapun dengan Global Sukses. (*)