EmitenNews.com - Allianz Indonesia melalui Allianz Peduli bekerja sama dengan Jawa Barat Bergerak (Jabar Bergerak), mengirimkan donasi pada  23 November 2022 sebesar Rp400 juta untuk membantu korban bencana gempa Cianjur, Jawa Barat. Kebutuhan mendesak yang sangat diperlukan warga yang harus mengungsi, di antaranya tenda, alas tidur, selimut, obat-obatan, terpal, penerangan, peralatan dapur umum, toilet portable, air mineral, kain kafan, alat Kesehatan, makanan siap saji, sembako dapur umum, hingga popok bayi & dewasa.


Gempa yang melanda Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya pada Senin (21/11/2022) menyebabkan banyak kerusakan dan korban jiwa. Dikutip dari laman Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pos Komando (posko) Penanganan Darurat Bencana Gempa Cianjur per 1 Desember 2022, tercatat korban meninggal sebanyak 328 jiwa dan 12 lainnya yang masih dinyatakan hilang dan masuk Daftar Pencarian (DP). Untuk menyelesaikan DP ini, Posko memutuskan memperpanjang masa pencarian korban hilang selama tiga hari, terhitung pada 1 hingga 3 Desember 2022.


Dalam keterangannya yang dikutip Sabtu (3/12/2022), Ketua Yayasan Allianz Peduli,  Ni Made Daryanti, mengatakan aksi Allianz Peduli itu, sejalan dengan salah satu pilar program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimiliki oleh Allianz Indonesia yaitu pilar Lingkungan dan Penanggulangan Bencana.


“Kami menyampaikan duka cita mendalam serta turut prihatin atas kejadian Gempa Bumi yang dialami masyarakat. Pengiriman donasi melalui Jabar Bergerak ini wujud kepedulian kami dengan sesama. Kami memastikan untuk turut serta berkontribusi dalam membantu masyarakat yang masih dalam pengungsian, dan harus berjuang menghadapi banyaknya gempa susulan,” kata Ni Made Daryanti.


Penyerahan donasi dana bantuan secara simbolis untuk korban gempa Cianjur dari Allianz Indonesia melalui Jabar Bergerak telah dilakukan pada Kamis, 1 Desember 2022, bertempat di Gedung Pakuan Bandung. Hadir dalam acara tersebut Pendiri sekaligus Ketua Umum Jabar Bergerak, Atalia Praratya Ridwan Kamil, dan dr.Siska Gerfianti, M.H.Kes. Sp.DLP, Wakil Ketua Umum Kerjasama, Kemitraan dan Hubungan Antar Lembaga Jabar Bergerak.


Menurut dr. Siska, pelaksanaan penyaluran bantuan oleh Jabar Bergerak saat ini mengikuti fokus arahan pemerintah dan meliputi tiga tahapan atau kategori. Yaitu bantuan jangka pendek untuk penanganan awal bencana. Bantuan jangka menengah untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan para pengungsi korban gempa. Bantuan jangka panjang meliputi rekonstruksi dan renovasi dari rumah, bangunan dan fasilitas umum yang terdampak.


Hingga 1 Desember 2022, telah terkumpul dana dari 4.745 donatur baik perorangan maupun perusahaan dengan total bantuan senilai lebih dari Rp3,6 miliar. Selain bantuan berupa dana juga terkumpul bantuan barang seperti vitamin, alat mandi, makanan siap saji, pakaian, dan lain sebagainya, yang berasal dari 35 donatur perorangan, 25 donatur perusahaan/komunitas.


“Sebagai ibu dari warga Jawa Barat, khususnya warga Cianjur, kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas begitu besar dan banyaknya perhatian dan bantuan dari masyarakat luas atas terjadinya bencana ini. Begitu banyak masyarakat luas yang berbondong-bondong mengunjungi lokasi bencana untuk memberikan bantuan dan menjadi relawan. Namun demikian hal ini menjadi tantangan baru karena menyebabkan kemacetan dan kepadatan luar biasa sehingga banyak bantuan yang tidak bisa tersalurkan dengan cepat,” ungkap Atalia.


Menurut Atalia, sesuai arahan dari Gubernur Jawa Barat melalui unggahan media sosialnya baru-baru ini, pihaknya menghimbau agar masyarakat menyalurkan bantuannya melalui organisasi atau mitra terpercaya. Sejak terjadinya pandemi Covid-19, Jabar Bergerak telah dipercaya sebagai salah satu organisasi untuk menyalurkan berbagai bantuan kemanusiaan.


“Semua bantuan tersebut selanjutnya dikelola dan disalurkan secara amanah oleh Jabar Bergerak yang merupakan relawan murni sehingga keseluruhan dana yang dititipkan akan disampaikan kepada masyarakat korban bencana,” tambah istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut.


Made mengungkapkan, pihaknya percaya Jabar Bergerak adalah mitra tepat dan bisa menjadi perpanjangan tangan bagi Allianz untuk membantu dan menyalurkan bantuan yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat sasaran. Kami menyadari pentingnya membantu dan memberikan perlindungan rasa aman kepada masyarakat, khususnya di masa pasca bencana seperti ini.


“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Jabar Bergerak serta seluruh rekan-rekan lembaga sosial dan kemanusiaan, yang selalu sigap menolong dan meneruskan bantuan kepada korban bencana alam. Kami harap donasi yang diberikan dapat meringankan beban dan mendukung saudara-saudara kita untuk bisa bangkit dan pulih kembali,” kata Ketua Yayasan Allianz Peduli, Ni Made Daryanti. (Eko Hilman). ***