EmitenNews.com - Wacana pemerintah menerapkan sistem teknologi pembayaran jalan tol nontunai nirsentuh multi lane free flow (MLFF) mendapat dukungan dari parlemen. Anggota Komisi VII DPR Dyah Roro Esti menilai teknologi yang dikembangkan perusahaan Roatex Ltd, Hungaria tersebut dapat memberikan nilai tambah dalam hal efisiensi belanja negara, mendukung net zero emission, dan menekan biaya logistik dalam hal subsidi BBM.


"Proyek ini perlu didukung," kata Dyah saat kunjungan kerja DPR RI ke Kantor Roatex Ltd di Budapest, Hungaria, pemenang tender sistem pembayaran digital jalan tol di Indonesia.


Roro Esti menyatakan sistem pembayaran jalan tol tanpa henti berbasis aplikasi MLFF itu berpotensi untuk mengurangi kemacetan yang berujung pada pengurangan polusi udara.


Di samping itu, MLFF akan memberikan kontribusi mengurangi kerugian negara akibat kemacetan di pintu tol sebesar 300 juta dolar AS/tahun.


"Sistem ini bakal menghemat konsumsi BBM, menekan peningkatan emisi CO2, menghemat waktu, dan pemakaian gasoline kendaraan," ujarnya.(*)