EmitenNews.com -Saham merupakan salah satu instrument keuangan di pasar modal yang menarik dan menjadi pusat perhatian para investor di seluruh dunia. Bagi sebagian orang awam, mungkin saham terdengar kompleks dan sulit untuk dipahami, namun sebenarnya saham dan cara kerjanya dapat dijelaskan dengan cukup sederhana.

 

Saham merupakan tanda kepemilikan atau bagian dari suatu perusahaan yang diperjualbelikan di bursa saham. Ketika kamu membeli saham, maka itu berarti kamu sedang berinvestasi pada perusahaan tersebut dan secara resmi menjadi pemilik sebagian kecil dari bisnis itu.

 

Bagi calon investor, memahami cara kerja saham dan potensi risikonya menjadi kunci penting untuk mencapai keberhasilan dalam dunia investasi.  Dalam artikel ini, Stocknow.id akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu saham, jenis-jenis saham dan bagaimana cara kerjanya untuk memberikan wawasan tentang pentingnya investasi yang cerdas dan berpikir terbuka dalam dunia saham.


Apa itu Saham?

Salah satu instrument keuangan yang paling popular dan memiliki peran penting dalam dunia investasi, adalah saham, dimana ketika kamu membeli saham, maka secara otomatis kamu menjadi investor yang memiliki sebagian dari kepemilikan perusahaan tersebut.

 

Sebagai pemilik saham, kamu sebagai investor juga memiliki hak atas bagian dari laba perusahaan atau biasa disebut dengan dividen. Selain itu, kamu juga berhak untuk ikut serta dalam pengambilan keputusan-keputusan penting perusahaan yang diselenggarakan melalui Rapat Umum Pemegang Saham.

 

Saham diperdagangkan di pasar saham yang menjadi tempat para investor untuk menjual dan membeli saham secara terbuka. Pergerakan harga saham tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti performa perusahaan, tren dalam pasar, dan sentimen mulai dari domestik, regional, sampai global.


Jenis-jenis Saham

Investor perlu mengetahui jenis-jenis saham yang dapat dikoleksi sebagai aset finansial. Pengetahuan ini sangat penting untuk pengambilan keputusan investasi di masa depan guna menghindari kesalahan penanaman modal-mu.

Berikut jenis-jenis saham yang perlu diketahui oleh investor, antara lain :

  1. Dilihat dari Kemampuan Hak Tagih

Jenis saham yang masuk kategori ini adalah saham biasa dan saham preferen. Perbedaan antara kedua jenis saham tersebut adalah sebagai berikut:

 

  1. Saham Biasa (Common Stock)

Jenis saham biasa ini memberikan hak kepada pemegang saham untuk kepemilikan dan partisipasi penuh dalam keputusan perusahaan. Hal ini disebabkan karena pemegang saham biasa memiliki hak suara dalam rapat umum pemegang saham dan berhak untuk mendapatkan dividen perusahaan sesuai dengan laba yang dihasilkan dan porsi saham yang dimiliki oleh masing-masing investor.