EmitenNews.com - Logindo Samudramakmur (LEAD) telah menabur 15.873.900 saham treasuri secara cuma-cuma. Penyaluran saham hasil buyback itu, menyasar karyawan tetap dengan masa kerja di atas 2 tahun.

Selain itu, juga level asisten manager sampai dengan level direksi. Dan, karyawan perseroan yang ditetapkan direksi. Alokasi pembagian saham diterbitkan, dan dikeluarkan kepada peserta pada 29 Desember 2023. Saham itu, akan dikenai lock- up sebagai bentuk retensi selama satu tahun. 

Dasar penetapan harga atas kepemilikan saham kepada karyawan perseroan dilakukan dengan nilai nominal saham senilai Rp60. Nah, untuk mengurusi distribusi saham treasuri tersebut, perseroan telah menunjuk UOB Kay Hian Sekuritas. 

Pemegang saham perseroan tidak akan terkena dilusi sampai akhir pelaksanaan pembagian saham tuntas. Dengan berakhirnya program kepemilikan saham pada 2023, diharap seluruh treasuri akan terpakai habis, dan tidak tercatat lagi dalam buku-buku perseroan. 

Pada 21 Juni 2023, perseroan telah mendapat persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham untuk mengalihkan saham hasil pembelian kembali dengan cara pelaksanaan program kepemilikan saham oleh karyawan dan/atau direksi dan dewan komisaris; sesuai dengan Pasal 17 (c) POJK No. 30/2017.

Mekanisme pemberian saham secara cuma-cuma tanpa hak opsi dengan pengalihan atas sejumlah 15.873.900 lembar saham, saat ini kuasai perseroan, dan dicatat sebagai saham treasuri pelaksanaan pembelian kembali saham berdasar akta pernyataan keputusan rapat umum pemegang saham (RUPS) Luar Biasa pada 29 April 2015. 

Dengan kepemilikan saham tersebut, diharap akan tercapai keselarasan kepentingan perseroan, dan kepentingan manajemen, memberikan apresiasi jangka panjang atas kontribusi peserta dalam terus memajukan perseroan. (*)