EmitenNews.com - Arus balik mudik Lebaran 2023 terus terjadi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sekitar 44 ribu penumpang tiba di DKI Jakarta hari ini, Minggu (30/4/2023). Jumlah penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai meningkat sejak Senin (24/4/2023).

 

"Total pada hari ini, Minggu 30 April 2023 terdapat sekitar 43.600 pengguna yang tiba, bahkan hingga KA terakhir nanti angka tersebut masih memungkinkan terus meningkat mencapai angka 44 ribu," kata Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi I Jakarta, Eva Chairunnisa dalam keterangannya, Minggu.

 

Dari jumlah 43 ribu pengguna tersebut, sebanyak 16.900 di antaranya penumpang yang turun di Stasiun Pasar Senen. Kemudian 15.300 penumpang turun di Stasiun Gambir.

 

Lalu, 4.400 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.300 orang lagi mengakhiri perjalanannya di Stasiun Jatinegara. Sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

 

KAI mencatat jumlahnya meningkat hingga dua kali lipat dari masa normal. Peningkatan volume pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta akan terjadi hingga Selasa (2/5/2023) dengan rata-rata penumpang mencapai sekitar 42 ribu per hari.

 

Menghadapi peningkatan arus balik itu, KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan sejumlah persiapan. Di antaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang.

 

Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan di sejumlah titik pada area parkir stasiun.

 

Sementara itu, dari sisi keamanan dan keselamatan, Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mengamankan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerja sama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat.

 

 Eva Chairunnisa menyebutkan, seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta diimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya. Termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya.