EmitenNews.com - Asuransi berperan penting dalam menciptakan lapangan kerja baru. Dalam catatan Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Riyatno, hal itu bisa dicapai melalui jaminan perlindungan risiko yang ditawarkan kepada perusahaan.


"Asuransi memberikan jaminan perlindungan risiko kepada perusahaan sehingga mampu mengembangkan bisnisnya dan membuka lapangan kerja," kata Riyatno di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

 

Dengan terciptanya banyak lapangan kerja baru, maka pendapatan masyarakat akan semakin meningkat. Hal itu akan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan..

 

Peranan lain asuransi bagi perusahaan yakni meningkatkan produktivitas dan loyalitas karyawan pada perusahaan dikarenakan karyawan akan memperoleh penjaminan kesehatan dan keselamatan. Dari segi finansial perusahaan, asuransi akan menciptakan efisiensi biaya dan mitigasi risiko kerugian perusahaan atas pertanggungjawaban kesehatan dan keselamatan karyawan.

 

Berdasarkan pemaparan BKPM, saat ini terdapat kurang lebih 16 juta jiwa penduduk yang membutuhkan lapangan kerja di Indonesia. Dari jumlah tersebut, pengangguran eksisting pada 2022 tercatat 8,42 juta jiwa, tambahan angkatan kerja 2022 sejumlah 3,47 juta jiwa, serta tenaga kerja yang terdampak pandemi COVID-19 sebanyak 4,15 juta jiwa. ***