EmitenNews.com - PT Asuransi Harta Aman Pratama (AHAP) berencana menggelar right issue maksimal 1,96 miliar lembar bernominal Rp50 per saham. Harga pelaksanaan ditetapkan Rp50 per lembar, dengan target dana sebanyak Rp98 miliar.


Jumlah tawaran saham baru itu setara 66,67 persen dari jumlah seluruh saham ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan. Rasio right issue tiga banding dua. Di mana, setiap tiga pemegang saham lawas berhak atas dua saham right issue.


Pemegang saham utama yaitu PT Asuransi Central Asia akan melaksanakan seluruh hak dalam aksi tersebut. Caranya dengan mengonversi seluruh pinjaman subordinasi Rp25 miliar menjadi setoran modal, dan sisanya dibayarkan secara tunai.


Pemegang saham lama yang tidak menebus haknya dalam right issue itu, bakal terdilusi maksimum 40 persen. Dana hasil right issue setelah dikurangi seluruh biaya akan digunakan perseroan seluruhnya untuk memperkuat permodalan.


”Selain itu, dana juga untuk meningkatkan kinerja perseroan, dan akan ditempatkan pada instrument investasi sesuai dengan POJK No.71/POJK.05/2016,” tulis Manajemen Asuransi Harta Aman Pratama. (*)