EmitenNews.com - PT Asuransi Harta Aman Pratama (AHAP) akan menggelar right issue 2 miliar lembar. Itu berarti 68,03 persen dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan. Saham baru tersebut dipersenjatai dengan nilai nominal Rp50 per lembar.


PT Asuransi Central Asia (ACA), pemegang saham pengendali Asuransi Harta dengan kepemilikan 62,15 persen telah menyatakan akan mengambil sebagian right issue yang menjadi hak-nya. Di mana, sebagian penyetorannya mengonversi pinjaman subordinasi kepada perseroan Rp25 miliar. ”Itu telah tercatat dalam laporan keuangan perseroan pada 31 Desember 2021 menjadi saham dalam right issue,” tutur Sutjianta, Direktur/Corporate Secretary Asuransi Harta Aman. 


Right issue akan meningkatkan modal ditempatkan dan disetor penuh sekitar 68,03 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh saat ini. Selanjutnya, bagi pemegang saham tidak melaksanakan haknya akan mengalami penurunan persentase kepemilikan saham alias terdilusi.


Nah, untuk memuluskan aksi itu, perseroan akan menggelar RUPS tahunan pada 14 April 2022 mendatang. Setelah mendapat restu tersebut, akan mengajukan pelaksanaan pendaftaran paling lambat 12 bulan. ”Dana hasil right issue untuk memperkuat struktur permodalan yang selanjutnya untuk modal kerja,” imbuhnya. (*)