EmitenNews.com - PT Astra International Tbk (ASII), PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku salah satu Agen Pemegang Merek (APM) sudah melakukan penyesuaian harga jual mobilnya di pasar kendati belum adanya kepastian terkait kelanjutan pemberian insentif PPnBM 100% sektor otomotif untuk tahun 2022.


Manajemen mengatakan, mulai 1 Januari 2021, TAM sudah memberlakukan harga jual mobil merek Toyota dengan PPnBM normal. Harga jual mobil Toyota juga sudah disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 74 Tahun 2021 terkait penghitungan PPnBM berdasarkan emisi karbon yang sebenarnya telah berlaku sejak Oktober silam.


Asal tahu saja, terdapat beberapa model mobil Toyota yang mendapat insentif PPnBM 100% di tahun lalu. Di antaranya Toyota Yaris, Vios, Sienta, Veloz, Innova, Fortuner, Agya, Cayla, Avanza, Rush, dan Raize.


Pihak TAM belum bisa menilai dampak penyesuaian harga tersebut terhadap penjualan mobil Toyota dalam beberapa waktu ke depan. Bisa saja ada konsumen yang memilih wait and see terlebih dahulu akibat perubahan harga mobil tersebut. Di sisi lain, untuk konsumen yang memang sudah harus memiliki mobil, mereka berpotensi pindah ke model mobil lain yang lebih cocok dari segi harga.


Lebih lanjut, di tahun ini pihak TAM memiliki sejumlah rencana untuk peluncuran produk mobil baru. Peluncuran mobil baru tersebut tak hanya untuk model reguler, melainkan juga model Gazoo Racing (GR) hingga model berbasis elektrifikasi.