EmitenNews.com - Badan Pangan Nasional mendukung Perum Bulog untuk menambah jumlah dan jenis komoditas serapan guna meningkatkan ragam cadangan pangan pemerintah.


"Keberadaan Bulog sebagai BUMN yang mendapat penugasan pemerintah untuk bersama-sama Badan Pangan Nasional melakukan stabilisasi pasokan dan harga pangan sangat penting dan strategis," ujar Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dalam keterangan persnya, Selasa (6/9).


Untuk itu Perum Bulog dituntut terus melakukan transformasi agar menjadi lincah dan beradaptasi dengan perubahan. Peningkatan penyerapan serta pengembangan produk yang berkualitas menurut Arief menjadi dua hal yang harus dikedepankan oleh Bulog.


Ia juga mendorong Perum Bulog dapat menambah jumlah dan jenis komoditas pangan yang dijaga level stok dinamisnya. Karena fluktuasi harga pangan yang kerap menjadi pemicu inflasi karena ketersediaan cadangan pangan yang dikuasai oleh pemerintah baru tersedia untuk komoditas beras.


"Penambahan jumlah dan jenis komoditas pangan yang diserap dan dijaga level stoknya oleh Perum Bulog dapat meningkatkan peran Bulog sebagai penjaga cadangan pangan pemerintah," pungkasnya.(fj)