EmitenNews.com - PT Adhi Karya (ADHI) melakukn groundbreaking proyek pembangunan fasilitas pengolahan sampah Bantargebang, Kota Bekas, Jawa Barat (Jabar). Fasilitas itu, nanti mampu meningkatkan kapasitas pengolahan sampah 1.000 ton per hari dari semula hanya 100 ton per hari.


Sampah-sampah itu, nanti diolah untuk menjadi 400-450 ton bahan bakar untuk menggantikan batu bara. Pengolahan tersebut menjadi jalan keluar dan dapat menyelesaikan hilir permasalahan sampah.


Pembangunan itu, diharap mampu mengolah sampah dengan baik dari hulu, dan menghasilkan energi di hilir. Dengan begitu, keberlanjutan manfaat dapat dirasakan bersama. Kegiatan itu, i juga bertujuan mengajak masyarakat mulai mengelola sampah, dan membentuk kebiasaan baru dalam mengelola sampah nanti. 


Adhi Karya membangun fasilitas itu dengan lingkup pekerjaan mulai merancang hingga membangun fasilitas landfill mining, Refuse Derived Fuel - RDF Plant, dan bangunan penunjang. ”Kami berharap fasilitas ini membawa manfaat luas,” tutur Direktur HC dan Sistem Adhi Karya, Selasa (22/2).


Sementara itu, Plt. Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN Mego Pinandito, menjelaskan pembangunan tersebut suatu percontohan untuk daerah lain. Sebagai awal inovasi yang tidak hanya menyediakan fasilitas pengolahan sampah, tetapi juga memberikan pendidikan, dan pelatihan terkait pengolahan sampah. (*)