KB Bukopin
victoria sekuritas

Bank BJB (BJBR) Dorong Anak Muda Desa Jadi Petani Milenial

24/03/2022, 16:30 WIB

Bank BJB (BJBR) Dorong Anak Muda Desa Jadi Petani Milenial

EmitenNews.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) secara konsisten terus mendukung Petani Milenial yang merupakan program unggulan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui permodalan dan pemberdayaan. Program Petani Milenial adalah Program Unggulan Provinsi Jawa Barat yang diluncurkan pada Maret 2021 untuk menjawab persoalan sektor pertanian dengan menggandeng milenial, mitra petani muda dan pemangku kepentingan Jawa Barat dalam kolaborasi Pentahelix yaitu kolaborasi antara Pemerintah, Kampus, Pengusaha, Komunitas dan Media.

 

Latar Belakang dan Tujuan Program ini disampaikan secara resmi pertama kali oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di acara West Java Food and Agriculture Summit (WJFAS) 2020, yang diselenggarakan bekerjasama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat.

 

Kolaborasi ini menjadikan Inaugurasi 24 Maret 2022 di Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai milestone perwujudan rumah besar Program Petani Milenial. Komiten bank bjb ini terlihat dalam acara Inaugurasi Petani Milenial yang berlangsung secada Hybrid Event dan terlaksana dengan protokol kesehatan Covid-19 ketat. Jumlah peserta pada inaugurasi Petani milenial tahun 2021 berjumlah 1.249 orang, yang diikuti secara offline oleh 300 orang perwakilan dan sisanya mengikuti secara online melalui media yang telah disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Para petani yang mengikuti kegiatan berasal dari :


  1. Binaan bank bjb
  2. Binaan Bank Indonesia
  3. Binaan IPB
  4. Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura
  5. Dinas Perkebunan
  6. Dinas Kehutanan
  7. Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan
  8. Dinas Kelautan dan Perikanan
  9. Binaan PT. Agro Jabar

 

Acara ini dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta jajaran, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan dan Forkopimda Provinsi Jawa Barat, Kepala Perwakilan BI Jawa Barat Herawanto, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono, dan Rektor IPB Arif Satria. Turut hadir dalam acara tersebut Komisaris Utama Independen bank bjb Farid Rahman beserta jajaran, Direktur Komersial & UMKM bank bjb Nancy Adistyasari beserta jajaran.

 

Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari mengatakan bank bjb senantiasa menjadi mitra strategi dalam mendukung berbagai program yang dijalankan Pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. "bank bjb akan selalu hadir mendukung penuh program Petani Milenial yang merupakan program unggulan Pemda Provinsi Jabar," ujar Nancy.

 

Dia menjelaskan bank bjb menyalurkan kredit bagi Petani Milenial melalui 2 skema yaitu Direct dan Closed Loop. Skema Direct, yakni penyaluran kredit secara langsung pada petani yang feasible dan bankable serta memiliki pengalaman mumpuni di bidang pertanian.

 

Sedangkan skema Closed Loop, yakni penyaluran kredit dengan skema kemitraan dimana petani berbudidaya sesuai dengan pasar yang tersedia dari offtaker. Petani akan memperoleh pendampingan dari offtaker selama budidaya dan hasil panen akan langsung dibeli offtaker yang berperan sebagai avalist baik untuk kreditnya maupun hasil panennya. Dengan pola kemitraan ini diharapkan selepas mengikuti program petani dapat berdikari. Adapun komoditas yang termasuk dalam Program Petani Milenial di antaranya :

 

Tanaman pangan: padi, jagung, ubi jalar, sorgum, kacang tanah, kedelai.

Hortikultura: tanaman hias, ginseng.

Perkebunan: gula aren, kopi, cengkeh, tebu, tembakau, karet, lada, vanili, teh.


Author: K M