EmitenNews.com - Pefindo telah mengkonfirmasi peringkat idBBB+ untuk PT Bank Capital Indonesia Tbk (BACA), serta mempertahankan peringkat idBBB- untuk Obligasi Subordinasi III/2017 BACA senilai Rp250 miliar yang jatuh tempo pada 11 Juli 2024. 

Pefindo mengindikasikan bahwa kemampuan BACA untuk melunasi surat utang yang akan jatuh tempo tersebut diperkuat oleh posisi likuiditasnya yang sehat, yang ditopang oleh penempatan pada Bank Indonesia senilai Rp2,1 triliun pada akhir Desember 2023. 

Peringkat perusahaan mencerminkan modal yang kuat, kualitas aset yang moderat, dan likuiditas yang memadai. Namun, profitabilitas yang kurang menggembirakan dan posisi di pasar yang terbatas menjadi faktor pembatas bagi peringkat tersebut.

Pefindo juga memberikan gambaran bahwa peringkat dapat ditingkatkan jika BACA berhasil mewujudkan rencana transformasi bisnisnya dan mengembangkan bisnisnya secara berkelanjutan. 

Sebaliknya, peringkat dapat diturunkan jika transformasi bisnis menghadapi hambatan yang berkelanjutan, yang dapat menimbulkan tekanan pada posisi bisnis dan indikator keuangan. Selain itu, tekanan likuiditas yang signifikan juga dapat menjadi faktor yang membuat peringkat berada di bawah tekanan, terutama jika terjadi penurunan yang mencolok pada profil dana pihak ketiga.

Bank Capital, yang didirikan pada tahun 1989, adalah bank komersial yang berfokus pada segmen kredit ritel. Bank ini memiliki kantor pusat, 6 kantor cabang, dan 65 kantor cabang pembantu yang mendukung kegiatan operasionalnya. Pada akhir Desember 2023, sebanyak 74,7% saham Bank dimiliki oleh PT Capital Global Investama dan sisanya, 25,3%, dimiliki oleh publik.