EmitenNews.com - Entitas Galva Technologies (GLVA) mendapat kredit perbankan USD7,67 juta setara Rp112 miliar dengan kurs Rp14.593 per dolar Amerika Serikat (USD). Kredit dari Bank CIMB Niaga (BNGA) itu, mengucur deras menuju Libera Technologies Indonesia (LITE). 


Galva sebagai induk usaha berencana membantu mengembangkan usaha untuk menunjang kebutuhan modal kerja LITE. Transaksi itu, diharap dapat membantu LITE menunjang kelancaran kegiatan usaha, dan memberi pengaruh positif terhadap keuangan LITE. Transaksi itu, dianggap bermanfaat karena menambah pangsa pasar industri elektronik, diversifikasi produk penjualan, dan biaya pendanaan lebih efisien (lower cost).


Galva sebagai induk usaha akan memperoleh peningkatan pendapatan, dan laba bersih konsolidasian dari LITE. Selain itu, LITE akan memperoleh kredibilitas baik untuk dapat memperoleh sumber pendanaan lain dari pihak kreditur lain. Transaksi itu, tidak memberi dampak material dari kejadian, informasi atau fakta material terhadap kondisi keuangan perseroan maupun LITE, kecuali kewajiban pembayaran bunga, dan pokok pinjaman secara periodik.  


Transaksi itu, merefleksikan 48,75 persen dari ekuitas Galva per 31 Desember 2021 sejumlah Rp229,74 miliar. Jadi, Galva tidak perlu persetujuan rapat umum pemegang saham. ”Pemberian fasilitas kredit dari Bank CIMB Niaga itu, akan membantu kelancaran operasional, dan pengembangan usaha LITE,” tulis Manajemen Galva. (*)