EmitenNews.com - PT Bank Nationalnobu Tbk (NOBU) akan melakukan Penambahan Modal Dengan Hak Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) III atau right issue sebanyak 2,6 miliar saham baru bernominal Rp100 per lembar.

 

Mario Satrio Corporate Secretary PT Bank Nationalnobu Tbk(NOBU) dalam keterangan resmi Selasa(7/3) menyebutkan bahwa jumlah saham yang ditawarkan setera dengan 33 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

 

Aksi korporasi ini akan digelar dalam rentang waktu 12 bulan sejak mendapat persetujuan pemegang saham yang akan digelar dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 17 April 2023 mendatang.

 

Rencananya, dana hasil right issue untuk memperkuat struktur permodalan selaras dengan Peraturan OJK No.12/POJK.03/2020 tentang Konsolidasi Bank Umum dan digunakan sebagai modal kerja dalam bentuk penyaluran kredit kepada nasabah dan pengembangan layanan digital.

 

Padahal, NOBU baru saja menyelesaikan right issue  681.819.174  saham biasa  dengan harga pelaksanaan Rp592 per lembar atau setara  12,9 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh, sehingga nilai PMHMETD II Rp403.6 miliar.

 

Dalam right issue tersebut, PT Star Pacific Tbk (LPLI) menjadi penyerap HMETD dengan nilai Rp368 miliar dengan melakukan penyetoran dalam bentuk lain selain uang (inbreng).