EmitenNews.com - Ratu Prabu Energi Tbk. (ARTI) menyampaikan bahwa anak usahanya yaitu PT. Lekom Maras telah melakukan Penjualan alat berat pada tanggal 5 Februari 2024.

Bur Maras Direktur utama ARTI dalam keterangan tertulisnya Selasa (6/2) menuturkan bahwa PT. Lekom Maras melakukan penjualan 1 unit Rig type 460K Snubbing Unit senilai USD2,5 juta kepada Santricus oilfield & Natural Gas Equipement & Spare parts Trading Co LLC.

 

Lebih lanjut Maras memaparkan pertimbangan dilakukan transaksi ini adalah untuk menyelesaikan beberapa kewajiban kepada kreditur yang telah jauth tempo dan secara struktural rig 460K kurang cocok untuk digunakan pada project lokal.

Selanjutnya Rig ini memiliki berat yang hanya cocok untuk platform anjungan yang baru. selama 10 tahun utilitas rig 460K kurang lebih 9 bulanan sehingga secara ekonomi kurang produkttif serta menjadi beban perawatan depresiasi mengakibatkan produktivitasnya relatif rendah.

 

Sebagai informasi, PT. Lekom Maras adalah usaha ARTI dengan kepemilikan saham sebesar 99% dan tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Santricus oilfield & Natural Gas Equipement & Spare parts Trading Co LLC.

Maras menambahkan "Transaksi ini bukan merupakan transaksi material dan dari sisi operasional akan meningkatkan modal kerja dan keuangan anak usaha serta berdampak positif terhadap kelangsungan usaha,"pungkasnya.