EmitenNews.com - Bentoel Internasional Investama (RMBA) mengakuisisi aset senilai Rp23,42 miliar. Aset berupa mesin Cigarette Packer Focke F350 itu diborong melalui Bentoel Prima (BP). Ya, BP membeli mesin itu, dari British-American Tobacco (BAT) Marketing Singapore. 


Transaksi itu dilatari dengan pertimbangan mesin-mesin tersebut tidak digunakan BAT Marketing Singapore. Saat bersamaan, BP butuh tambahan mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi. Dengan pembelian mesin tersebut, akan memberi efisiensi produksi untuk kebutuhan operasional.


Berdasar pertimbangan tersebut, dan BP memandang perlu melakukan perkembangan kegiatan usaha bidang produsen dan pemasaran rokok, salah satu alternatif memperoleh pendanaan melalui transaksi tersebut. Pembelian mesin untuk meningkatkan kapasitas bisnis produsen, dan pemasaran.  


Pada 12 Desember 2022, kedua belah pihak telah menandatangani asset sale agreement. Di mana, disepakati oleh kedua belah pihak transaksi baru akan berlaku efektif setelah mendapat pendapat kewajaran dari penilai independen. Analisis kewajaran transaksi dilakukan KJPP Dasa’at, Yudistira dan Rekan (DYR), pada 1 Februari 2023. 


Transaksi itu masuk afiliasi. Pasalnya, BP perusahaan terkendali perseroan dengan BAT Marketing Singapore dari struktur korporasi. So, transaksi tersebut mengandung unsur afiliasi berdasar peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 42/POJK.04/2020. (*)