EmitenNews.com - PT Impack Pratama Industri (IMPC), akan memasang panel surya di pabrik lokasi Trembesi Delta Silicon 2, Lippo Cikarang, Jawa Barat, berkapasitas 4.473 KWp. Instalasi panel Surya itu, hasil kerja sama dengan PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy).


Impack Pratama mengklaim instalasi panel surya itu, merupakan tahapan kedua dari program pengurangan emisi karbon yang telah dicanangkan sejak 2020. Sebelumnya, perseroan telah memasang instalasi panel surya di pabrik lokasi Hyundai, Lippo Cikarang berkapasitas 200 KWp. 


Tidak ketinggalan, distribution center baru Impack Pratama berlokasi di Surabaya, Jawa Timur (Jatim) akan dipasangi panel surya berkapasitas 30 KWp. ”Kalau pemasangan panel surya pada ketiga lokasi itu tuntas, kami mengestimasi penurunan emisi CO2 sampai 4.783 metric ton per tahun, seiring penghematan biaya listrik Rp1,1 miliar per tahun,” tutur Direktur Utama Impack Pratama, Haryanto Tjiptodihardjo, Kamis (10/2).


Sebagai pengembang proyek sistem tenaga surya nomer satu Indonesia, SUN Energy menyambut baik kerja sama jangka panjang dengan Impack Pratama Industri untuk meningkatkan penggunaan porsi energi baru dan terbarukan fasilitas operasional. ”Kami berharap, aksi nyata mengurangi dampak perubahan iklim ini secara khusus bisa diimplementasi seluruh pelaku terlibat dalam rantai pasokan Impack Pratama Industri, dan menjadi contoh kepada para pelaku industri berbagai sektor,” tegas Direktur Utama SUN Energy, Roy Wijaya.


Impack Pratama berkomitmen mewujudkan, dan meningkatkan ESG scoring berkaitan dengan kegiatan bisnis perseroan. ”Sebagai perusahaan manufaktur, tentu Impack Pratama perlu memikirkan, dan berkontribusi dalam penurunan emisi karbon bagi lingkungan sekitar. Untuk itu, kami bertekad akan meneruskan upaya instalasi panel surya ini pada setiap fasilitas pabrik, dan gudang distribusi kami,” harap Haryanto.


Selain komitmen terhadap pengurangan emisi karbon, Impack Prtama selama ini konsisten menjalankan program-program keberlanjutan. S,alah satunya dalam bentuk inovasi produk atap ramah lingkungan menggunakan material PET maupun pionir dalam produk alat pengering Solar Dryer Dome di Indonesia berkontribusi pada pengurangan emisi gas rumah kaca, dan ketahanan pangan masyarakat desa tertinggal.


Usaha itu, mendapat apresiasi, dan mengantarkan Impack Pratama menyabet penghargaan outstanding best practices program “Harvest the Power of the Sun: Harnessing the Power of Solar Technology for Sustainable Agriculture” di ajang Global Corporate Sustainability Award di Taiwan 17 November 2021 lalu. (*)