EmitenNews.com—PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA) dan PT Proteindotama Cipta Pangan membentuk usaha patungan. Pembentukan usaha patungan tersebut diwujudkan dengan mendirikan PT Tira Cipta Logistik yang bidang usahanya adalah mengoperasikan pusat distribusi dan layanan nilai tambah untuk produk rantai dingin (cold chain product).


Corporate Secretary TGKA, Syahrizal Sabir menuturkan, pembentukan usaha patungan tersebut direalisasikan pada tanggal 7 Juli 2022 yaitu sesuai tanggal penandatanganan Perjanjian Usaha Patungan (Joint Venture Agreement) antara Perseroan dan PCP untuk mendirikan PT Tira Cipta Logistik.


Dalam perkembangannya, menurut Syahrizal, Perseroan melihat bahwa pengembangan lini bisnis ini membutuhkan ketersediaan fasilitas khusus untuk proses penyimpanan dan distribusi produknya.


Karena itu, Perseroan memutuskan untuk juga menggarap lini usaha baru sebagai penyedia dan yang mengoperasikan pusat distribusi dan layanan nilai tambah untuk produk rantai dingin (cold chain product). Untuk itu, Perseroan bekerja sama dengan PCP melalui skema pembentukan usaha patungan dengan mendirikan PT Tira Cipta Logistik.


"Perseroan melihat pembentukan usaha patungan (PT Tira Cipta Logistik) ini punya peluang untuk berkembang ke depannya, serta bisa bersinergi positif dengan lini bisnis distribusi kategori produk cold chain yang sudah berjalan selama ini. Selain itu PCP punya komitmen yang sama untuk membesarkan usaha patungan ini".ucapnya.


Sebagai informasi, Komposisi Kepemilikan Saham di PT Tira Cipta Logistik tersebut adalah Perseroan 60% dan PCP 40%. Jumlah modal ditempatkan dan disetor pada tahap awal PT Tira Cipta Logistik adalah sebesar Rp150.000.000.000,00.


"Nilai Transaksi adalah sebesar komitmen penyetoran modal awal Perseroan ke PT Tira Cipta Logistik, yaitu sejumlah Rp90 Miliar. Transaksi ini sepenuhnya menggunakan pendanaan internal Perseroan dan tidak berdampak signifikan pada kondisi keuangan Perseroan",ujarnya.