EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo akhirnya menerima eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (8/10/2023). Jokowi ditemani Mensesneg Pratikno bertemu SYL di salah satu ruangan di Istana Merdeka. Jokowi duduk di tengah, diapit dan berbincang dengan SYL di sebelah kiri, dan Pratikno di kanan Jokowi. Syahrul yang berbatik lengan panjang duduk takzim dalam kesempatan itu.

 

Syahrul Yasin Limpo datang dengan mengendarai mobil berpelat B 8055 ADT, pukul 18.33 WIB, berhenti di depan pintu Bali Kompleks Istana. Setelah perbincangan, politikus Partai NasDem itu, meninggalkan kawasan Istana lewat pintu Bali pukul 19.34 WIB. Tidak ada pernyataan yang disampaikan SYL usai pertemuan tersebut. Ia langsung pergi dengan mobilnya.

 

Sebelumnya, di Istana Presiden, Jumat (6/10/2023), Jokowi telah menerima pengunduran diri SYL dari posisi Mentan. Untuk mengisi kekosongan itu, ia menunjuk Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo sebagai Plt Mentan. "Penggantinya masih Plt, Plt-nya Pak Arief Prasetyo, Kepala Badan Pangan."

 

Alasan penunjukan Arief Prasetyo sebagai Plt Mentan, menurut Presiden, antara lain berkaitan dengan masalah koordinasi. Intinya, lebih memudahkan koordinasi. “Lebih koordinatif. Lebih memudahkan, karena biasanya, Bulog, Badan Pangan, Mentan ini, Menteri Perdagangan selalu harus satu. Jadi untuk konsolidasi saja biar memudahkan. Itu saja."

 

Kita tahu, informasi mengenai bakal adanya pertemuan itu, dikonfirmasi langsung oleh Jokowi usai panen padi di Desa Ciasem, Subang, tadi. Pertemuan itu digelar setelah SYL mengajukan pengunduran diri.

 

Syahrul Yasin Limpo mengundurkan dari posisi Menteri Pertanian, untuk memudahkan dalam penanganan kasus hukum yang menjeratnya. Komisi Pemberantasan Korupsi mengusut perkara korupsi di tubuh Kementerian Pertanian di bawah Syahrul Yasin Limpo. KPK bahkan sudah menggeledah rumah dinas menteri pertanian, ruangan mentan (SYL) di kementan. Juga menggeledah dua rumah pribadi Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Sulawesi Selatan. ***