EmitenNews.com - Besar nian peluang Gibran Rakabuming Raka dalam Pilkada 2024. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengatakan, putra pertama Presiden Joko Widodo itu, bakal menang mudah dalam pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2024. Antara lain karena wilayah yang kini dipimpin Gubernur Ganjar Pranowo itu, basis PDI Perjuangan. Kalau memilih maju dalam Pilgub DKI Jakarta, yang penuh kejutan, ada potensi Wali Kota Solo itu keok. Gibran sudah menyatakan siap maju dalam Pilgub 2024.

 

"Secara statistik, Gibran jauh lebih kuat maju di Jateng ketimbang Jakarta. Selain Gibran memang sudah populer, Jateng juga 'kandang banteng'. Tanpa mendahului kehendak Tuhan, 'tidur saja' Gibran bisa menang di Jateng ketimbang di Jakarta yang dipenuhi semak belukar politik yang selalu memberikan kejutan tak terduga, banyak orang kuat kalah," kata Adi Prayitno kepada pers, Jumat (20/1/2023).

 

Tetapi, baiklah kita tunggu ke mana arah penugasan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri buat kadernya yang kini menjalani perannya sebagai Wali Kota Solo itu. Kita tahu, kader banteng moncong putih itu, bergerak atas penugasan partai.

 

“Sekalipun dari berbagai segi Gibran lebih cocok di Jateng misalnya, tapi kalau ditugaskan maju di Jakarta oleh PDIP, tentu itu menjadi mandat yang tak bisa ditolak Gibran," katanya.

 

Bagi Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, Gibran bisa saja diusung oleh PDIP untuk maju sebagai calon gubernur. Namun, hal itu merupakan kewenangan mutlak Ketum PDIP Megawati Soekanoputri.

 

Gibran Rakabuming Raka sebelumnya, Jumat, menyatakan siap jika ditugasi Megawati Soekarnoputri maju Pilgub 2024. Namun, ayah dua anak itu, mengaku tak punya ambisi. Yang jelas kalau ditugaskan, harus siap. "Kalau ada tugas ya harus siap to. Tetapi, bukan berarti saya punya ambisi, nggak. Saya itu nunggu perintah itu lho." ***