EmitenNews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) Besok Jumat (7/7) akan menggelar acara seremoni Pencatatan Perdana atau listing saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN)  sebagai Perusahaan Tercatat ke-45 di BEI pada tahun 2023.

 

Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) entitas usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menetapkan harga perdana dalam initial public offering ( IPO ) sebesar Rp1.695 per saham. Harga patokan perdana tersebut nyaris di harga bawah yang dipasang pada masa book building atau penawaran awal di kisaran Rp1.650 hingga Rp1.775 per saham  pada 31 Mei 2023 hingga 16 Jun 2023.

 

Perusahaan tambang tembaga dan emas tersebut melepas sebanyak 6.328.208.800 saham atau 8,80% dari total modal ditempatkan dan disetor perseroan pada nilai nominal Rp125 per lembar. Sehingga dana yang diraup dari IPO ini nyaris lebih rendah dari target awal Rp12,9 triliun menjadi sebesar Rp10,726 triliun.

 

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek PT Mandiri Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT CLSA Sekuritas Indonesia, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia , BRI Danareksa Sekuritas, Maybank Sekuritas Indonesia dan Samuel Sekuritas Indonesia.

 

AMMN juga akan mengadakan program opsi kepemilikan saham bagi karyawan dengan menerbitkan saham baru 602,3 ribu saham biasa atas nama. Jumlah tersebut setara atau 0,83% dari modal ditempatkan dan disetor setelah IPO.

 

Dana hasil IPO sebesar 59,8 persen untuk setoran modal kepada Amman Mineral Nusa Tenggara. Oleh anak usaha tersebut, setoran modal untuk modal  proyek pengembangan konsentrator di Sekongkang, Sumbawa Barat. Selain itu, diperuntukan membangun pembangkit listrik tenaga gas di Benete, Sumbawa Barat. Selanjutnya, perseroan akan menggunakan dana IPO sebesar Rp3,048 triliun untuk melunasi utang kepada Amman Mineral Nusa Tenggara.

 

Sedangkan sisanya sebesar  Rp1,786 triliun untuk setoran modal melalui penyerapan saham baru Amman Mineral Industri. Oleh anak usaha itu, dana setoran modal tadi untuk membiayai proyek smelter di Maluk, Sumbawa Barat.

 

Berdasarkan laporan keuangan tahun 2022, perseroan membukukan laba bersih senilai USD1,093 miliar dari hasil penjualan bersih setara USD2,83 miliar.

 

PT Amman Mineral Internasional Tbk adalah perusahaan holding yang berdomisili di Indonesia dan melakukan kegiatan eksplorasi, pembangunan, penambangan, pemrosesan, serta di masa mendatang, pengolahan, dan pemurnian di Indonesia melalui perusahaan anak dan entitas asosiasi operasi Perseroan.